Seluruh CJH Asal Sumenep Bakal Segera Wukuf di Padang Arafah, Jemaah Akan Diberangkatkan dari Maktab

Seluruh calon jemaah haji asal Sumenep akan melaksanakan wukuf di Padang Arafah. Para jemaah ini akan diberangkatka dari maktab.

Seluruh CJH Asal Sumenep Bakal Segera Wukuf di Padang Arafah, Jemaah Akan Diberangkatkan dari Maktab
TRIBUNMADURA.COM/ALI HAFIDZ SYAHBANA
Rapat koordinasi seluruh petugas kloter dan pihak sektor Makkah di hotel 607, tepatnya di hotel Al Lu'Luah Al Asheel daerah Syisyah. 

TRIBUNJATIM.COM, MADURA - Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) Kloter 06 SUB Kabupaten Sumenep, H Hisyamuddin mengatakan, jika seluruh calon jemaah haji (CJH) asal Sumenep dalam waktu dekat akan melaksanakan rangkaian ibadah haji, yakni Almusna (Arofah, Musdalifah dan Mina).

"Insyaallah akan diberangkatkan dari pemondokan 9 Agustus 2019 nanti, karena pelaksanaan wukuf di Arofah sudah ada kepastian dari Pemerintah Arab Saudi. Bahwa wukuf di Padang Arafah jatuh pada 10 Agustus 2019," kata Hisyamuddin saat dihubungi TribunMadura.com (grup TribunJatim.com). Selasa (6/8/2019).

Dengan demikian kata Hisyamuddin, seluruh calon jemaah haji dari Sumenep akan diberangkatkan dari Maktab mulai dari pagi hingga selesai, sehingga dapat melaksanakan wukuf di Padang Arafah secara bersama.

Berangkat Haji Tahun Ini, Menpora Imam Nahrawi Doakan PSSI Dapat Ketua Cinta Sepak Bola Lahir Batin

Selain itu, lanjutnya, CJH Sumenep kedatangan tamu dari Amirul Haj atau Kementerian Agama Ripublik Indonesia yang dipimpin oleh Khoirul Umam Nuril Huda.

Dalam kesempatan itu, Khoirul Umam Nuril Huda menyampaikan, jumlah jemaah haji Indonesia yang saat ini melaksanakan ibadah haji 2019 di Makkah sejumlah 231 ribu CJH.

Artinya, CJH Indonesia terbesar di dunia.

Satu Calon Jemaah Haji Asal Paciran Lamongan Meninggal dalam Pesawat, Punya Riwayat Sakit Jantung

Dari 231 ribu CJH Indonesia itu, sebanyak 4.500 orang di antaranya merupakan petugas haji yang terdiri dari 2.500 orang yang terdiri atas tim kesehatan.

Sementara kurang lebih 2 ribu di antaranya tim pembimbing haji dan ketua kloter dari Kementerian Agama RI.

Dalam sambutannya, Khairul Umam Nuril Huda juga menyampaikan, semua CJH diminta menjaga ketulusan niat dalam melaksanakan manasik haji.

883 Calon Jemaah Haji Asal Tuban Diberangkatkan, Kemenag Sebut Total CJH Risti Capai Separuh Lebih

"Ibadah haji yang ditunaikan oleh kita bersama harus satu tujuan Lillahitaala, untuk menjaga keluhuran budi apa yang terjadi nanti di Araofah, Musdakifah, dan Mina selalu mengedepankan rasa sabar," pesannya.

Karena pada pelaksanaan ibadah haji tidak boleh ada pertengkaran, adu fisik, perdebatan yang tak perlu bahkan perkelahian.

"Sebab itulah nanti yang akan merusak ibadah haji, itulah yang disampaikannya saat mengunjungi CJH Sumenep," pungkas Hisyamuddin.

Suhu Udara di Mekah Capai 42 Derajat Celcius, Satu Jemaah Haji Sumenep Terkapar di RS Arab Saudi

Penulis: Ali Hafidz Syahbana
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved