KPU Ajukan Anggaran Rp 85 Miliar untuk Pilwali Surabaya, Diawali Pendaftaran Perorangan

KPU Kota Surabaya intensif berkoordinasi dengan DPRD Kota Surabaya menjelang Pelaksnaan Pilwali Surabaya dalam hal pengajuan anggaran

KPU Ajukan Anggaran Rp 85 Miliar untuk Pilwali Surabaya, Diawali Pendaftaran Perorangan
sofyan arif candra /Tribunjatim
Ketua KPU Surabaya, Nur Syamsi saat ditemui usai Penghitungan Surat Suara Ulang (PSSU) 

 TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - KPU Kota Surabaya intensif berkoordinasi dengan DPRD Kota Surabaya menjelang Pelaksnaan Pilwali Surabaya dalam hal pengajuan anggaran.

Coblosan yang digelar pada September 2020 nanti, KPU tengah mengajukan anggaran Rp 85,5 miliar.

"Kita ajukan di angka itu sesuai kebutuhan kami dalam melaksanakan setiap tahapan Pilwali. Anggaran Paling banyak ada pada sosialisasi, kampanye, dan honor petugas nantinya," terang Ketua KPU Kota Surabaya Nur Syamsi, Kamis (22/8/2019).

KPU Kota Surabaya sebelum agenda gladi bersih pelantikan anggota DPRD terpilih periode 2019-2025 kemarin, KPU dan Komisi A Menggelar rapat khusus menyangkut anggaran hibah untuk KPU Surabaya.

Syamsi menyebut bahwa pihaknya harus ngebut karena naskah penjanjian hibah daerah untuk pelaksanaan Pilwali sudah harua tuntas di awal Oktober. Selanjutnya tahapan Pilwali akan segera digelar.

Aurel Hermansyah Tampil Simpel saat di Paris, Pakai Tas Pinggang Kecil Rp 16 Juta, Lihat Potrenya!

Honor Termahal Vanessa Angel Dibongkar ke Hotman Paris, Kaget Tahu Ratusan Juta: Untuk Berapa Lama?

M Rafli Bakal Absen Lawan Bali United dan PSIS Semarang, Penyebabnya ini

Wajah Beda Anak Pertama Jennifer Jill Duduk Dekat Ajun Perwira di Rumah Sakit, Ipel: Menanti-nanti

Awal Januari 2020 KPU sudah harus mulai membentuk panitia pemungutan suara di setiap jenjang. Mereka adalah panitia Ad HIV, mulai dari PPK, PPS dan panitia lain.

"Kami juga harus mengikutinya dengan pemutakhiran data pemilih hingga pendaftaran calon wali kota dan wakilnya. Pendaftaran calon ini sekitar 16-18 Juni. Semua perlu dukungan anggaran. Bukan untuk KPU tapi untuk pelaksana Pilwali;" kata Syamsi kepada Tribunjatim.com.

Namun Januari 2020 sebenarnya sudah bisa diawali proses pendaftaran calon wali kota dari jalur perseorangan. Hingga mereka bisa mendaftar bersama-sama pada masa pendaftaran resmi bersama pasangan calon wali kota dari partai.

"Kami mengacu pada PKPU 15/2019 bahwa nantinya Pelaksnaan coblosan Pilwali Surabaya akan digelar pada 23 September 2020. Tentu ada masa kampanye dan kampanye calon dibebankan KPU," kata Syamsi kepada Tribunjatim.com. (Faiq/Tribunjatim.com)

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved