Cuci Tangan dengan Sabun Alami Buatan Sendiri, Manfaatkan Essential Oil dan Air Destilasi, Simak!

Mencuci tangan menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh.

Cuci Tangan dengan Sabun Alami Buatan Sendiri, Manfaatkan Essential Oil dan Air Destilasi, Simak!
SURYA/HABIBURROHMAN
Lysa Evy Lenny, Training Manager Young Living Indonesia menunjukkan cara membuat face toner spray menggunakan essential oil dalam Oilthentic Day di Fashion Atrium Pakuwon Mall Surabaya. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Hefty's Suud

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Mencuci tangan menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh.

Beberapa merek bahkan mengeluarkan produk sabun cuci tangan atau hand sanitizer. Namun jika tidak ingin membeli produk jadi, sebenarnya kita bisa membuat sabun cuci tangan sendiri dengan bahan alami.

Lysa Evy Lenny, Training Manager Young Living Indonesia menunjukkan cara membuat sabun cuci tangan menggunakan bahan essential oil dan air destilasi.

"Kenapa pakai air destilasi? Supaya foaming hand soap yang akan kita buat benar-benar alami, tidak mengandung logam berat sama sekali di dalamnya," ujar Lysa.

Tips Menjadi Ibu Milenial yang Cerdas dan Cantik di Era Milenial

Tips Menenangkan Anak Tantrum dan Cranky dengan Pijatan di Jari Tangan

Untuk membuatnya, Lysa menggunakan tiga varian essential oil dari Young Living. Yaitu Lavender, Theves, dan Orange.

"Lavender sendiri terkenal untuk penampilan kulit. Theves akan berfungsi sebagai cleansing agent dan Orange untuk memberikan aroma yang segar," ungkap Lysa.

Masing-masing varian dimasukkannya sebanyak lima tetes ke dalam botol 240ml. Selanjutnya, ditambahkan castile soap sebanyak dua sendok teh atau 10ml.

"Castile soap ini bahan yang akan mengubahnya menjadi bentuk foam. Bahan dari castile soap sendiri adalah minyak zaitun," jelas Lysa.

Ia pun menuangkan 1,25ml V6 ke dalam botol tersebut. V6 adalah produk Young Living yang terdiri dari campuran beragam minyak nabati.

Beberapa bahan yang sudah dimasukkan dalam botol tadi lalu diaduknya perlahan.

Setelah tercampur, ia lalu memasukkan air destilasi sampai memenuhi isi botol. Semua bahan tersebut lalu dikocoknya perlahan dengan cara menggelindingkan botol dengan bantuan dua telapak tangan.

"Foaming soap ini selain untuk membersihkan tangan, juga akan memberikan efek lembab," ujar Lysa.

Penulis: Hefty Suud
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved