Rumah Politik Jatim

25 Oktober Mendatang, Partai Gerindra Mulai Buka Pendaftaran Kandidat untuk Pilkada 2020

Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) bersiap membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah (pilkada) untuk 2020 mendatang.

25 Oktober Mendatang, Partai Gerindra Mulai Buka Pendaftaran Kandidat untuk Pilkada 2020
SURYA/BOBBY CONSTANTINE KOLOWAY
Ketua Harian BPP Jatim, Anwar Sadad. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) bersiap membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah (pilkada) untuk 2020 mendatang.

Berlangsung di 19 daerah, penjaringan Gerindra akan dibuka serentak pada 25 Oktober 2020 mendatang.

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Jatim, Anwar Sadad, menjelaskan bahwa keputusan tersebut menjadi salah satu rekomendasi dari Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) DPP Gerindra, 16 Oktober lalu.

"Satu di antara poinnya, kami diwajibkan membuka pendaftaran untuk pilkada," kata Sadad kepada Surya.co.id ketika dikonfirmasi di Surabaya, Senin (21/10/2019).

19 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) di 19 kabupaten/kota penyelenggara pilkada tersebut akan menerima bakal calon dari berbagai latarbelakang. Bukan hanya dari kader internal, namun juga figur di luar partai.

Meski Logo Sudah Dicatut, Gerindra Lamongan Tetap Buka Penjaringan Cabup - Cawabup

Para figur di struktur partai yang ingin mencalonkan diri di pilkada pun diwajibkan untuk mengikuti pendaftaran. "Misalnya ada Ketua DPC yang ingin maju, dia juga harus ikut pendaftaran," tegas Sadad.

Rencananya, pendaftaran akan dibuka selama 20 hari. Terhitung sejak 25 Oktober hingga 15 November.

Selama pendaftaran, DPC diwajibkan untuk menerima pendaftaran sekaligus memeriksa kelengkapan. Namun, Sadad masih enggan merinci berkas pendaftaran yang harus dilengkapi para pendaftar.

Selanjutnya, berkas pendaftaran akan disampaikan kepada pengurus DPD Gerindra Jatim. Hasil pendaftaran diserahkan kepada DPD untuk dilakukan evaluasi dan verifikasi.

"Kami akan melakukan pertimbangan-pertimbangan. Tugas kepada DPD ini juga menjadi salah satu poin keputusan di Rapimnas," tegas Sadad yang juga Anggota Fraksi Gerindra di DPRD Jatim ini.

Partai Gerindra Persiapan Buka Penjaringan Bacawali dan Bacawawali untuk Pilwali Kota Blitar 2020

Hasil dari pertimbangan dan verifikasi di pengurus provinsi selanjutnya akan diserahkan kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP). DPP akan mengambil keputusan akhir rekomendasi partai.

Berdasarkan penjelasan Sadad, DPP Gerindra memiliki Badan Seleksi Organisasi (Baleksi) yang akan menyeleksi usulan dari daerah.

"Selanjutnya, rekomendasi akan diputuskan langsung oleh Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, bapak Prabowo Subianto," lanjut Sadad.

Di dalam menyeleksi usulan tersebut, DPP juga akan mempertimbangkan masukan dari luar partai di daerah. "DPP akan membuka komunikasi dengan tokoh masyarakat, ulama, akademisi, partai politik lain, dan ormas," ungkap Sadad.

Wakil Ketua DPRD Jatim ini menargetkan seluruh tahapan tersebut dapat diselesaikan tahun ini. "Pertengahan Desember, kami Targetkan DPP sudah menerima usulan dari daerah," katanya.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved