Pengamanan Natal dan Tahun Baru

Persiapan Nataru, Sopir Terminal Patria Kota Blitar Dites Urin, Temukan Truk Over Dimensi

Persiapan Nataru, Satlantas Polres Blitar Kota dan BNK Blitar razia angkutan dan sopir di Terminal Patria Kota Blitar. Ini hasilnya.

TRIBUNJATIM.COM/Samsul Hadi
Para sopir mengikuti tes urine di Terminal Patria Kota Blitar, Jumat (20/12/2019). Petugas mengecek dimensi truk saat razia di Terminal Patria Kota Blitar, Jumat (20/12/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Persiapan angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru), sejumlah sopir bus dan sopir angkutan barang menjalani tes urine di Terminal Patria Kota Blitar, Jumat (20/12/2019).

Tes urine itu diadakan petugas gabungan dari Satlantas Polres Blitar Kota dan BNK Blitar. Ada sekitar 54 sopir bus dan sopir angkutan barang yang mengikuti tes urine

"Hasil tes urine para sopir negatif," kata Kasat Lantas Polres Blitar Kota, AKP Haris Dharma Sucipto.

Sinopsis Swabhimaan, Serial India Terbaru Tayang di ANTV, Lengkap dengan Daftar Pemainnya!

Terciduk, ASN Satpol PP Sampang Simpan Sabu di Saku Baju Kiri, Penjara 20 Tahun atau Denda Rp 1 M?

AKP Haris Dharma Sucipto mengatakan, tes urine ini untuk memastikan para sopir terbebas dari penggunaan narkoba.

"Tes urine ini untuk mencegah penggunaan narkoba di kalangan sopir. Kegiatan ini salah satu upaya untuk meminimalisir peristiwa kecelakaan lalu lintas saat angkutan Nataru," ujarnya.

Selain tes urine, kata Haris, petugas gabungan juga mengecek kelengkapan surat dan kelengkapan kendaraan angkutan umum dan angkutan barang. Sejumlah bus dan angkutan barang yang melintas di lokasi digiring masuk ke terminal.

3 Cara Cepat Turunkan Berat Badan dengan Minum Cuka Apel, Mampu Membakar Lemak Lebih Cepat

Kamar Kos Rp 15 Ribu per Jam di Tulungagung, Pemilik Bisa Rentalkan Tempatnya Empat Kali Sehari

Petugas memeriksa surat kendaraan dan mengecek kelengkapan kendaraan. Untuk angkutan barang, total ada 25 unit yang diperiksa surat-suratnya dan kelengkapan kendaraan. Semua bus yang masuk terminal juga menjalani pemeriksaan.

Dari hasil pemeriksaan itu, petugas menindak sejumlah truk yang melanggar aturan lalu lintas. Sejumlah truk yang ditindak itu, tiga unit melebihi dimensi kendaraan dan melebihi batas muatan.

Selain itu, petugas juga menindak empat sopir truk yang tidak memiliki SIM, dua pajak kendaraan mati, dan dua lagi masa berlaku STNK sudah mati.

"Satu truk ditahan karena over dimensi. Kalau untuk bus tidak ada yang melanggar," katanya.

Meledak, Kontainer Bermuatan Kayu Terbakar, Ada yang Luka Kepala Tertembus Besi

Sejarah Lengkap Hari Ibu yang Diperingati Tiap 22 Desember, Dilengkapi Ucapan Menyentuh untuk Ibunda

Kepala Terminal Patria Kota Blitar, Verie Sugiharto mengatakan petugas terminal sudah rutin mengadakan ramcheck untuk bus menjelang angkutan Natal dan Tahun Baru. Setiap hari ada sekitar 25 bus yang dilakukan ramcheck.

Selama melakukan ramcheck, petugas belum menemukan bus yang melanggar aturan.

"Kami sudah rutin menggelar ramcheck, khusunya untuk bus antar kota antar provinsi (AKAP). Kemi belum belum mendapati bus yang melanggar. Bus yang sudah kami ramcheck kami tempel stiker sebagai bukti laik jalan," kata Verie. (Samsul Hadi)

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Hefty Suud
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved