IT Telkom Surabaya, ITS dan Motorola Solutions Foundation Gelar Pelatihan NVDA Untuk Difabel

IT Telkom Surabaya, ITS Surabaya, dan Motorola Solutions Foundation menggelar pelatihan NVDA (Non Visual Dekstop Access) untuk difabel tuna netra.

IT Telkom Surabaya, ITS dan Motorola Solutions Foundation Gelar Pelatihan NVDA Untuk Difabel
istimewa
Tim gabungan dari ITTelkom, ITS dan Motorola Solution saat memberi pelatihan kepada para difabel di Ponorogo. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - IT Telkom Surabaya, ITS Surabaya, dan Motorola Solutions Foundation menggelar pelatihan NVDA (Non Visual Dekstop Access) untuk difabel tuna netra.

Sistem NVDA yaitu bagaimana mengoperasikan laptop dengan bantuan suara baik bahasa Inggris atau bahasa Indonesia.

Sedangkan untuk mesin cetak huruf braille mengggunakkan MBC sehingga apabila ditekan print maka tampilan kertas secara otomatis menampilkan huruf braille.

Hadir ketua Yayasan dari SLB Aisyiyah Ponorogo, Lisselaku dan Kepala Sekolah SLB Aisyiyah spesialis tuna netra, ibu Wahyu serta jajaran dari dinas Pendidikan kota Ponorogo.

Pelatihan bertema Workshop on Using Braille Embosser and Text Editor Software for the Blind and Visual Impairment Students, dijembatani oleh Komunitas Gapai Indonesia yang bergerak di bidang kesadaran masyarakat terhadap anak-anak difabel, dimana salah satu Duta Difabel Gapai, Anfazul F Azizah yang terpilih mewakili Jawa Timur di Tingkat Nasional, merupakah salah satu volunter yang menjadi peserta workshop.

Jadi Bintang Tamu di Spekta Show Top 6 Indonesian Idol, Marion Jola Raih Penghargaan 8 x Platinum

Istri Lengah, Pria di Trenggalek Setubuhi Tetangganya di Rumah Mertua, Korban Masih 17 Tahun

Pembunuhan Sadis Pasutri Pengusaha Tuban, Kepala Dipukul Pakai Paving, Terdakwa Divonis Seumur Hidup

Pelatihan NVDA diikuti oleh 8 perwakilan mahasiswa dan mahasiswi dari masing-masing prodi yaitu Sistem Informasi, Teknik Industri, Teknologi Informasi, RPL, Teknik Telekomunikasi, Teknik Komputer dan Teknik Elektro.

Kegiatan ini didampingi langsung oleh Wakil Rektor 1 ITTelkom Surabaya Dr. Tri Arief Sardjono, S.T., M.T sekaligussebagai Project Leader didampingi Dr. Ir. Hendra Kusuma, M.Eng., Sc dan Ir. Tasripan MT dari ITS, serta dibantu 2 dosen dari FTII dan FTE; Anfazul F. Azizah, S. Kom., M. Kom dan Nilla Rachmaningrum, S.T., M.T,

Project Leader Dr. Tri Arief Sardjono, S.T., M.T mengatakan, bahwa selama kurang lebih empat hari mulai Kamis (23/1/2020) hingga Minggu (26/1/2020), pihaknya telah melakukan pelatihan di SLB Aisyiyah Ponorogo.

Kepergok Curi Perangkat Wifi, Pria Tulungagung Diminta Korban Kembalikan Barang, Kabur ke Surabaya

Penyandang Disabilitas asal Trenggalek Bertekat Keluar Secara Mandiri Dari Penerima PKH

Jeritan Histeris Wanita di Malang Saat ke Kos, Alami Hal Tak Senonoh dari Pria, Wajah Pelaku Terkuak

"Dengan total peserta kurang lebih 18 orang. Disamping itu juga melakukan persiapan, seperti memastikan bahwa mesin cetak sudah terpasang serta memastikan ketersediaan jumlah laptop yang digunakan selama pelatihan," kata Tri Arief, Selasa (27/1/2020).

Anak-anak penyandang tuna netra ini langsung diperkenalkan secara satu persatu bagaimana menggunakan tombol aplikasi sehingga dapat dengan mudah menyesuaikan.

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved