Pengasuh Ponpes Lirboyo KH Kafabihi : Pejabat Lengser Setelah Berkunjung ke Kediri Hanya Mitos

Mitos Presiden dan pejabat yang berkunjung ke Kediri bakal lengser dari jabatannya seperti anggapan selama ini sebenarnya hanya sebatas mitos.

Pengasuh Ponpes Lirboyo KH Kafabihi : Pejabat Lengser Setelah Berkunjung ke Kediri Hanya Mitos
(Surya/Didik Mashudi)
KH Kafabihi Mahrus Pengasuh Ponpes Lirboyo Kota Kediri. 

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Mitos Presiden dan pejabat yang berkunjung ke Kediri bakal lengser dari jabatannya seperti anggapan selama ini sebenarnya hanya sebatas mitos.

Pengasuh Ponpes Lirboyo KH Kafabihi Mahrus juga menyebutkan, anggapan pejabat yang datang ke Kediri bakal lengser merupakan mitos.

"Semua itu Allah yang menghendaki. Kalau Allah tidak menghendaki tidak akan terjadi," ungkap KH Kafabihi Mahrus kepada sejumlah awak media.

Diungkapkan, di Jawa banyak sekali mitos-mitos yang berkembang. Namun sebenarnya, masalah mitos itu juga ada penangkalnya berupa doa dan bertawakal serta bertakwa kepada Allah.

"Memang benar ada. Tapi ada penangkalnya dengan berdoa," tambahnya kepada Tribunjatim.com.

KH Kafabihi Mahrus mengungkapkan, penangkal lainnya dengan berziarah ke makam Mbah Wasil di Setono Gedhong. Dari sejarahnya Mbah Wasil atau Syekh Al Wasil Syamsudin merupakan penyebar agama Islam yang hidup pada masa kerajaan Jayabaya.

Sehingga kalau ada pejabat yang takut datang ke Kediri, di antara penawarnya dengan berziarah ke makam Mbah Wasil dan meminta kepada Allah.

KH Kafabihi Mahrus mengibaratkan seperti penyakit juga ada obatnya. Termasuk mitos pantangan pejabat berkunjung ke Kediri juga ada penawarnya.

Kalau Presiden Jokowi akan berkunjung ke Kediri juga ada penawarnya dengan berziarah mengucapkan salam ke makam Mbah Wasil dan berdoa kepada Allah.

Sebelumnya Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung sewaktu meresmikan Rusunawa Ponpes Lirboyo juga mengungkapkan, pernah menyarankan kepada Presiden untuk tidak datang ke Kediri.

Halaman
12
Penulis: Didik Mashudi
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved