Virus Corona di Trenggalek

Bupati Mas Ipin Minta Warga Tak Mudik Lebaran ke Trenggalek, Tunggu Masa Pandemi Corona Berakhir

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin memohon agar warga menunda mudik ke Trenggalek hingga masa pandemi Corona berakhir.

SURYA/AFLAHUL ABIDIN
Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin ketika memberi keterangan soal hasil swab dua anggota keluarga pasien korona di Trenggalek. 

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK - Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin memohon agar warga menunda mudik ke Trenggalek hingga masa pandemi Corona atau Covid-19 berakhir.

Permohonan itu disampaikan mengingat kini tengah mendekati masa Ramadan, yang berlanjut dengan Lebaran.

"Saya mohon semuanya untuk bisa menunda mudik, menunda kedatangannya ke Kabupaten Trenggalek. Karena setiap ada yang datang, semua jadi punya risiko," kata pria yang akrab disapa Mas Ipin itu.

81 Orang PDP Corona di Jatim Meninggal Dunia, Ketua Rumpun Kuratif Sebut Pasien Belum Tentu Covid-19

Setiap orang di Trenggalek, kata dia, tak boleh mengendurkan kesiapsigaan untuk mengantisipasi Corona.

Meskipun, belum ada klaster baru penyebaran kasus positif sejak pasien pertama dipindahcatatkan dari Tulungagung ke Trenggalek.

"Kesiagaan itu membutuhkan tenaga yang luar biasa dan sumber dana yang tidak sedikit pula. Kali ini saya mohon, tundalah mudik Anda. Sampaikan rindu dan penghormatan melalui teknologi informasi dan komunikasi," sambung Bupati termuda yang saat ini menjabat itu.

Sumbangan Kaesang ke Korban Covid-19 Dinyinyir, Anak Presiden Emosi Bahas Logo, Ngegas: Maumu Apa?

PDP Corona di Pasuruan Paksa Pulang Seusai Rapid Test, Saat Hasil Swab Positif Langsung Dievakuasi

Semakin warga memaksa mudik dan masuk Trenggalek, kata dia, semakin tidak memberikan ruang beristirahat bagi tenaga medis, relawan, TNI/Polri dan segenap jajaran pemerintah kabupaten hingga desa.

"Marilah kita saling berempati dan tolong-menolong dalam hal ini. Jika Anda tidak bisa membantu tenaga dan dana untuk masyarakat yang terdampak, cukup bantulah Indonesia mengurangi penyebaran Covid-19 ini dengan mengurangi kunjungan Anda dari satu kota ke kota lain, termasuk mudik," sambung dia.

Sebagai langkah antisipasi, Pemkab Trenggalek telah menyiapkan ruang obeservasi yang berada di gedung pemerintah dan sekolah.

2 Anggota Keluarga Pasien Covid-19 di Trenggalek Diswab, Hasilnya Dibeber Bupati Mas Ipin: Negatif

Ruang observasi itu berada di tiap-tiap kecamatan yang ada di Trenggalek.

"Kalau anda memaksa pulang tapi tidak cukup aman, kami siagakan tempat untuk tempat singgah. Maka, mudik yang harapannya bisa ketemu dengan keluarga, bisa jadi hanya bertemu dengan petugas kecamatan dan desa. Makan-makanan di dapur umum," ungkapnya.

Sehingga, ia menyebut, akan lebih baik warga bertahan di tempatnya sekarang hingga masa pendemi berakhir.

Penulis: Aflahul Abidin

Editor: Arie Noer Rachmawati

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved