Virus Corona di Mojokerto

Wali Kota Mojokerto Turun Tangan dan Bubarkan Muda-mudi yang Nongkrong di Cafe

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari bersama petugas gabungan dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menghentikan secara paksa aktivitas

mohammad romadoni/surya
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari bersama Kepala Dinas Kesehatan, Christiana Indah Wahyu saat kegiatan Sidak penerapan jam malam dan Social/ Physical Distancing di Cafe dan Warkop di kawasan Jl Suromulang, Kelurahan Surodinawan, Kecamatan Prajurit Kulon Kota Mojokerto. 

 TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari bersama petugas gabungan dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menghentikan secara paksa aktivitas kerumunan orang di dalam cafe dan warung kopi di kawasan Jalan Suromulang, Kelurahan Surodinawan, Kecamatan Prajurit Kulon Kota Mojokerto, Sabtu malam (9/5/2020).

Kerumunan orang didominasi oleh anak muda tersebut justru membandel tetap nongkrong di cafe dan warung kopi di kawasan yang notabene Kelurahan Surodinawan termasuk zona merah Covid-19 di Kota Mojokerto.

Dari pantauan di lokasi, memang di sini merupakan salah satu tempat kuliner yang menjadi pusat keramaian di mana terdapat
puluhan cafe dan Warkop yang berjejer rapi terletak di pinggir jalan kawasan Kelurahan Surodinawan.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari, menjelaskan pihaknya bersama petugas gabungan Tim Gugus Tugas Covid-19 melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di sejumlah tempat keramaian untuk memastikan masyarakat telah patuh penerapan jam malam.

"Khusus pada hari ini yang bertepatan pada malam Nuzulul Quran Ramadan kita datangi pusat keramaian di mana mereka masih belum disiplin menerapkan Social/ Physical Distancing," ucap Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari di lokasi, Minggu (10/5/2020).

Banyu Langit Mas Pur Tukang Ojek Pengkolan untuk Didi Kempot, Aksi Cipto TOP Tuai Pujian

Tak Kantongi Surat Karantina, 980 Burung Beragam Jenis dari Balikpapan Disita Petugas Tanjung Perak

Resmi! MotoGP 2020 Agendakan Dua Balapan di Bulan Juli, Tunggu Lampu Hijau Otoritas Negeri Matador

Ia mengatakan hasil Sidak di lapangan ternyata masih banyak ditemukan kerumunan orang yang nongkrong di cafe dan warung kopi di kawasan Kelurahan Surodinawan. Padahal, sesuai anjuran Social/ Physical Distancing tidak diperbolehkan aktivitas yang memicu kerumunan selama Pandemi seperti ini.

Menurut dia, seharusnya pemilik usaha dianjurkan melayani pembeli dengan cara Take Away atau dibungkus dibawa pulang bukan justru pengunjung malah nongkrong di cafe dan Warkop yang sangat berisiko terjadi penularan wabah Virus Corona.

"Justru di sini banyak warung kopi yang para pelanggannya duduk berdekatan tidak menghiraukan anjuran Social Distancing apalagi sebagian dari mereka juga tidak mengenakan masker," ungkapnya

Para anak muda itu juga tidak patuh terhadap kebijakan penerapan jam malam di Kota Kota Mojokerto mulai pukul 19.00 WIB sampai pukul 06.00 WIB yang sudah berlaku selama bulan Ramadan 2020 untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19.

"Di sini (Cafe dan Warkop, Red) juga tidak ada fasilitas cuci tangan pakai sabun yang seharusnya sudah disiapkan sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid-19," ujar Ning Ita.

Masih kata Ning Ita, Tim Gugus Tugas Covid-19 dari Dinas Kesehatan Kota Mojokerto juga akan melakukan Rapid Test Covid-19 terhadap pengunjung cafe dan warung kopi di lokasi tersebut.

"Kita akan lakukan Rapid Test terhadap yang bersangkutan secara langsung di lokasi sebagai upaya pencegahan penyebaran virus dari Orang Tanpa Gejala (OTG) karena orang sehat juga berisiko membawa virus," tandasnya.

Kegiatan Sidak di sejumlah tempat keramaian ini dipimpin langsung oleh Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari bersama
Wakil Wali Kota Mojokerto, Achmad Rizal Zakaria yang melibatkan petugas gabungan dari Dinas Kesehatan, POLRI/TNI beserta Satpol PP Kota Mojokerto.

Rombongan petugas gabungan berangkat dari Kantor Dinas Kesehatan di Jalan Pahlawan kemudian menuju ke sejumlah titik pusat keramaian yang dijadikan tempat berkerumun di Kota Mojokerto. (Mohammad Romadoni/Tribunjatim.com)

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved