Virus Corona di Blitar

Berkah di Tengah Pandemi Corona, Nanas Banasari Blitar Ludes Diserap Pasar, Petani Jadi Untung

Hasil panen petani buah nanas Banasari di Blitar ludes diserap pasar meski di tengah pandemi Corona.

ISTIMEWA
Ketua Kelompok Tani Mulyo Dusun Tegalrejo Desa Semen Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Andrias saat menunjukan hasil tani unggulannya yakni Nanas Banasari. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh dunia, tak selamanya membawa dampak negatif bagi masyarakat.

Sebaliknya pada situasi seperti saat ini justru menjadi momentum keberuntungan bagi sebagian masyarakat, salah satunya petani buah nanas di kawasan lereng timur Gunung Kelud Blitar Jawa Timur.

Permintaan nanas Banasari dari daerah tersebut tidak pernah sepi, terlebih pada saat situasi pandemi Covid-19 ini, harga jualnya pun terbilang bagus dan menguntungkan petani.

VIRAL Foto Kursi di Bioskop Berjamur selama Masa Pandemi Virus Corona, Waspada Serang Pernapasan

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Ketua Kelompok Tani Mulyo Dusun Tegalrejo Desa Semen Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Andrias.

"Setiap kali panen, nanas Banasari langsung ludes diserap pasar," kata Andrias saat dikonfirmasi di Surabaya, Rabu (12/5/2020).

Andrias mengungkapkan bahwa di tengah Pandemi Covid-19, permintaan nanasnya meningkat signifikan, bahkan katanya, varietas Banasari sudah dilepas oleh Kementerian Pertanian sejak 2015 lalu.

Terungkap Panggilan Yan Vellia ke Saputri, Istri Pertama Didi Kempot, 1 Janji soal Pertemuan Terucap

Jerit Lantang Pilot Joyce Lin saat Pesawat Jatuh di Danau Sentani Papua, Saksi Aksi Mulia Terakhir

"Jadi nama Nanas Banasari sendiri diambil dari akronim Blitar-Nanas-Semen-Gandusari, yang mencirikan nanas unggul spesifik lokasi setempat," beber Andrias.

Terkait keunggulan jenis nanas Banasari, dijelasakan oleh Andrias, diantaranya bisa dipanen hingga 8 kali dalam 4 tahun, bahkan ukuran buahnya pun cukup besar serta rasanya yang manis asem segar dengan kadar brix 14-15.

“Gambarannya, kalau nenas jenis queen biasa, grade A nya hanya seberat 7 ons keatas, maka untuk Nenas Banasari bisa 1,3 kilogram keatas,” imbuhnya.

Kasus Corona di Jatim Melonjak, Surabaya Paling Banyak, Risma: Saya Enggak Peduli Dikatakan Tinggi

Halaman
123
Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved