Breaking News:

Virus Corona di Jawa Timur

Attack Rate Covid-19 Surabaya Melonjak Tertinggi di Indonesia, Gugus Jatim: Harusnya Balik PSBB

Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Covid-19 Jatim, Joni Wahyuhadi ungkap transmission rate dan attack rate Surabaya Raya melonjak, harusnya balik PSBB.

Penulis: Fatimatuz Zahroh | Editor: Hefty Suud
SURYA/FATIMATUZ ZAHROH
Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur Joni Wahyuhadi dalam paparan di Gedung Negara Grahadi, Rabu (16/6/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Setelah PSBB Surabaya Raya dilonggarkan, transmission rate dan attack rate di Surabaya Raya kembali melonjak.

Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur Joni Wahyuhadi mengatakan, dengan kondisi seperti ini, sesuai teori lebih baik dikembalikan ke masa restriksi.

Hal tersebut disampaikan Joni dalam paparannya di hadapan Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla yang datang ke Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (17/6/2020).

Aurel Kehabisan Kata-kata Baca Curhatan Anak yang Tak Diingat Orangtua, 1 Doa Terucap, Video Viral

Ina Thomas Tampak Kurus sampai Tulang Kelihatan, Semprot Netizen yang Tuding Dirinya Tahan Makan

"Attack rate dan transmission rate Surabaya Raya kembali naik setelah pelonggatan PSBB. Ini mengecewakan. Kalau sesuai teori dengan kondisi ini harusnya revive back to lockdown, kalau kita ya harusnya kembali ke PSBB," kata Joni.

Kondisi yang paling disorot yaitu Surabaya yang kasusnya 50,4 persen dari total kasus di Jawa Timur.

Saat ini attack rate Kota Surabaya 139,7 ini attack rate tertinggi se Indonesia.

Wanita Tewas di Dalam Kardus di Surabaya Ternyata Terapis Pijat, Motif Pembunuhan Diduga Harga

FAKTA 1 Dokter di Sampang Positif Covid-19, Langsung Isolasi di RSUD, Gercep Rapid Test di Puskesmas

Artinya setiap 100.000 penduduk 140 orang diantaranya positif virus Corona ( Covid-19 ). Sedangkan untuk Jawa Timur attack rate saat ini adalah 19,7.

Kemudian untuk transmission rate Surabaya saat ini adalah 1,22. Sedangkan transmission rate Jawa Timur adalah 1,1.

"Padahal Jawa Timur ini transmission rate nya pernah di angka 0,86, artinya kasusnya akan hilang. Begitu juga Surabaya Raya transmission rate-nya penah 0,5. Jadi sebetulnya PSBB sangat bisa dan efektif senagai metode pengendalian penularan Covid-19," kata Joni yang juga Dirut RSUD Dr Soetomo ini.

37 Pedagang Pasar Panggul Trenggalek Rapid Test Deteksi Covid-19, Dinas Kesehatan Beber Hasilnya

Joni menerangkan, masyarakat Surabaya Raya dengan adanya pelonggaran PSBB justru kian menurun untuk memperhatikan protokol kesehatan.

Seperti mengenakan masker, masih banyak yang abai. Dan yang masih mencolok adalah kurang disiplinnya penegakan physical distancing.

Ia menunjukkan data penelitian lapangan terkait distribusi kepatuhan masyarakat dalam memakai masker dan menerapkan physical distancing.

Di tempat ibadah yang patuh hanya 64,6 persen, kemudian pasar tradisional yang patuh baru 89,3 persen, perkantoran dan pabrik yang patuh hanya 58,9 persen, serta yang melakukan olahraga di luar ruangan yang patuh hanya 45,1 persen.

Penulis: Fatimatuz Zahroh

Editor: Heftys Suud

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved