Aturan Baru Naik Kereta Selama Masa Transisi New Normal, Surat Bebas Covid-19 Penumpang Jadi 14 Hari

PT KAI Daop 8 melakukan perubahan kebijakan terkait aturan naik kereta bagi penumpang selama masa pandemi.

SURYA/RAHADIAN BAGUS
Penumpang kereta api harus memenuhi persyaratan standar kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - PT KAI Daop 8 melakukan perubahan kebijakan terkait dengan telah terbitnya SE Gugus Tugas Covid-19 No 9 Tahun 2020 tertanggal 26 Juni 2020.

Pada SE No 9 Tahun 2020 itu sendiri terkait tentang perubahan atas surat edaran gugus tugas Covid-19 Nomor 7 tahun 2020 tentang kriteria dan persyaratan perjalanan orang dalam masa adaptasi new normal atau kebiasaan baru menuju masyarakat produktif dan aman Covid-19.

Berdasarkan hal tersebut, pihak PT KAI Daop 8 melakukan penyesuaian terhadap persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon penumpang yang akan menggunakan jasa layanan KA Jarak Menengah/Jauh.

VIRAL Wanita Bekasi Nikah dengan Mas Kawin Rp 500, Penghulu Sebut Pertama Kali, Perkenalan Terkuak

"Persyaratan yang mengalami penyesuaian tersebut adalah terkait masa berlaku untuk surat bebas Covid-19 yang sebelumnya masa berlaku surat keterangan uji tes PCR dengan hasil negatif yang berlaku 7 hari atau masa berlaku surat keterangan uji rapid-test dengan hasil non reaktif yang berlaku 3 hari pada saat keberangkatan, menjadi masa berlaku surat keterangan uji tes PCR dengan hasil negatif atau surat keterangan uji rapid-test dengan hasil non reaktif yang berlaku 14 hari pada saat keberangkatan," ujar Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto, Sabtu (27/6/2020).

Dengan diperpanjangnya masa berlaku hasil tes tersebut, lebih lanjut Suprapto mengatakan, maka kini penumpang dapat menyesuaikan jadwal layanan KA yang akan melakukan perjalanan pulang pergi dalam rentang waktu yang singkat.

"Jadi tidak perlu melakukan tes ulang selama masih memiliki masa surat keterangan hasil tes bebas Covid-19 yang masih berlaku," tambahnya.

Rahasia Mayangsari Buat Bambang Trihatmodjo Klepek-klepek, Rossa Sebut Aduh, Bella Saphira: Ngiler

Kisah Polwan Terjebak di WC Kamar Bandar Narkoba, Penyamaran Ending Tembak Mati: Pelaku Tak Biasa

Meski kini surat bebas Covid-19 untuk naik KA Jarak Menengah/Jauh Masa berlakunya menjadi 14 hari, dikatakannya, setiap individu yang melaksanakan perjalanan tetap wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan yaitu memakai masker, jaga jarak, mencuci tangan, serta menginstall aplikasi Peduli Lindungi.

"Secara umum seluruh penumpang kereta api diharuskan dalam kondisi sehat, memiliki suhu tubuh maksimal 37,3 derajat celsius, memakai pakaian lengan panjang atau jaket," pungkasnya.

Jokowi Deadline Angka Covid-19 Jatim Turun 2 Minggu, Khofifah Siapkan 8 Pakar Epidemologi dari Unair

Penulis: Fikri Firmansyah

Editor: Arie Noer Rachmawati

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved