Pilkada Gresik

Tak Disangka, Cawabup Perempuan Pertama Gresik Ini Keturunan Jaka Tingkir

Secara mengagetkan, muncul calon wakil bupati (cawabup) perempuan pertama pada kontestasi Pilbup Gresik 2020.

istimewa
Ning Min, Bakal Calon Wakil Bupati Gresik di Pilkada Gresik 2020 

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Suksesi kepemimpinan di Kabupaten Gresik bakal menarik.

Secara mengagetkan, muncul calon wakil bupati (cawabup) perempuan pertama pada kontestasi Pilbup Gresik 2020.

Dialah Dra. Hj. Aminatun Habibah, M.Pd atau akrab disapa Ning Min. Cabup Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) menggandengnya untuk maju sebagai pasangan kandidat.

Siapa sangka, Ning Min yang merupakan aktivis perempuan dan pendidikan ini ternyata punya garis keturunan dari Raja Pajang, Jaka Tingkir.

Sebagai informasi, Joko Tingkir (Jawa), Peng King Kang (Tionghoa) dan Raden Mas Karebet adalah sederet nama masyhur dari Sultan Hadiwijaya.

Jaka Tingkir merupakan pendiri sekaligus raja pertama Kerajaan Pajang yang memerintah tahun 1549-1582 M

Bila dirunut ke belakang, Ning Min mewarisi garis keturunan Jaka Tingkir dari dzurriyat Kiai Qomaruddin (Kiai Kanugrahan), pendiri Pondok Pesantren Qomaruddin yang terletak di dukuh Sampurnan, Bungah, Gresik. Ning Min adalah cicit dari pendiri salah satu pondok pesantren tertua di Pantura Jawa itu. Pesantren Qomaruddin sendiri berdiri pada tahun 1775 M.

Neng min adalah anak dari salah satu Pemangku Pondok Qomaruddin yakni Almarhum Kiai Ahmad Muhammad Al-hammad.

Bila ditarik garis ke belakang maka runtutan silsilahnya adalah, Aminatun Habibah (Ning Min) bin Kiai Ahmad Muhammad Al-Hammad bin Khodijah bin Kiai Ismail bin Kiai Nawawi (M Sholeh Tsani) bin Rosiyah bin Kiai Harun bin Kiai Qomaruddin bin Kiai Samidin bin Nyai Jonah bin Kiai Dentho bin Kiai Jumali bin Joko Tingkir (Sultan Hadiwijaya).

Bila pertimbangan nasab yang baik diyakini sebagai awal mula yang baik, maka Ning Min punya modal istimewa untuk maju Pilbup 2020 yang sedianya digelar 9 Desember nanti.

Halaman
12
Editor: Januar AS
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved