Angkat Wastra Nusantara, Lia Afif Padukan Kain Tenun dan Batik Lamongan Untuk IFW 2020

Lia Afif, seorang desainer kenamaan asal Surabaya ini menampilkannya dalam busana perpaduan kain tenun dan batik dengan sentuhan desain modern.

ahmad Zaimul Haq/suraya
Busana Ready to Wear dengan tema Wastra Nusantara yang memadukan tenun dan batik khas Lamongan oleh Desainer Lia Afif. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Mayang Essa

 

 TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Kain tenun menjadi bagian dari budaya Indonesia yang patut dibanggakan dan terus dilestarikan.

 Lia Afif, seorang desainer kenamaan asal Surabaya ini menampilkannya dalam busana perpaduan kain tenun dan batik dengan sentuhan  desain modern.

 Desainer busana muslim asal Surabaya ini menggunakan padupadan kain tenun dan kain batik dari Lamongan, Jawa Timur menjadi pakaian ready to wear. 

“Saya ingin mengangkat potensi budaya yang ada menjadi sesuatu yang dekat dengan masyarakat. Seperti dalam bentuk busana seperti ini," ujarnya kepada TribunJatim.com, Selasa (30/6/2020). 

Di sisi lain, Lia sendiri ingin meningkatkan daya jual perajin tenun dan batik Lamongan. Pasalnya, tenun dan batik ini masih dikerjakan secara manual menggunakan tangan.

Terungkap Sosok Pembakar Mobil Via Vallen Jelas di CCTV, Sudah Ditangkap, Sang Biduan: Awas Koen!

Nekat Setubuhi Keponakan Sendiri, Pria Asal Ponorogo Dipenjara Delapan Tahun

DETIK-DETIK Mobil Via Vallen Dibakar Orang Tak Dikenal Dini Hari: Awas Kon Yo Tak Perkarakno

Menjatuhkan pilihan pada kain yang berasal dari kota Soto Lamongan bukan tanpa alasan. Menurut Lia Afif, kain tenun dan batik dari daerah tersebut lebih kaya warna dan memiliki ciri khas yang tiada duanya. 

“Untuk penggunaan warna pada busana saya kali ini bernuansa gold atau emas khas warna batik, lalu ada terakota dan hitam dengan tambahan payet yang elegan,” katanya.

Lia Afif menghadirkan perpaduan tenun dan batik  nan etnic ini dalam busana model dress, ball gown, setelan palazo dan double coat. Menurutnya, busana ini dapat digunakan untuk tampilan formal atau casual. 

“Jadi bisa untuk formal maupun casual. Tergantung yang pakai juga, bisa dimix and match," katanya. 

Sebanyak 10 karya busana yang mengangkat konsep wastra nusantara, termasuk koleksi batik dan tenun khas Lamongan ini akan dipamerkan dalam ajang Indonesia Fashion Week 2020 mendatang. 

Penulis: Mayang Essa
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved