Breaking News:

Virus Corona di Banyuwangi

Pasien Sembuh Covid-19 Banyuwangi Bertambah Lima, Positif Empat

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Banyuwangi mengumumkan adanya penambahan lima pasien Covid-19 yang sembuh.

SURYA/HAORRAHMAN
Pemkab Banyuwangi siapkan ruang isolasi di RSUD Blambangan untuk antisipasi virus Corona. 

 TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Banyuwangi mengumumkan adanya penambahan lima pasien Covid-19 yang sembuh.

Sehingga, saat ini, total ada 14 orang sembuh dari 33 pasien positif Covid-19. Ini berarti tingkat kesembuhan atau recovery rate di Banyuwangi mencapai lebih dari 42 persen.

”Kami bersyukur setelah menjalani perawatan selama beberapa waktu, ada lima pasien positif yang telah sembuh. Kelimanya adalah pasien nomor 18, 21, 22, 23 dan 25. Tingkat kesembuhan di Banyuwangi saat ini 42,4 persen, masih lebih baik dibanding rata-rata di Jatim. Kami berharap ini bisa terus naik angka kesembuhannya, dengan treatment yang dilakukan teman-teman medis dan kesehatan,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Banyuwangi, dr Widji Lestariono, Minggu (5/7/2020).

“Kelima pasien yang dinyatakan sembuh hari ini sudah menjalani dua kali tes swab dengan hasil negative. Kini semua pasien telah dipulangkan. Namun tetap dipantau untuk menjalani iolasi mandiri selama 14 hari di rumah,” imbuh dokter alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga itu.

Dalam kesempatan itu, Gugus Tugas Banyuwangi juga mengumumkan ada tambahan empat kasus positif di Banyuwangi, yaitu pasien nomor 30, 31, 32 dan 33. Sehingga saat ini jumlah positif Covid-19 Banyuwangi menjadi 33 kasus.

BREAKING NEWS - Gudang Ekspedisi di Sidoarjo Terbakar, Sejumlah Dokumen dan Barang Ekspedisi Hangus

Usai Giat Kerja Bakti, Warga di Malang Justru Malah Membuat Kebakaran Lahan, Lihat Endingnya

Kampanye Lewat Nail Art, Me Nail Surabaya Angkat Tema Virus Corona Bentuk 4D

“Adanya penambahan pasien ini menjadi sebuah peringatan bagi kita semua bahwa saat ini masih terjadi penularan virus Covid-19. Maka disiplin terhadap protokol kesehatan wajib dilakukan oleh kita semua,” ujar Rio, sapaan akrab Widji Lestariono kepada TribunJatim.com.

Rio pun menjelaskan keempat pasien positif tersebut. Untuk pasien konfirmasi 30 dan 31 keduanya merupakan rekan kerja sebuah yayasan dana sosial keagamaan di Banyuwangi. Masing-masing berusia 28 tahun dan 21 tahun, berasal dari Kecamatan Srono dan Muncar.

“Keduanya sempat melakukan survei penyaluran hewan kurban ke Jember dan Bondowoo. Kedua pasien ini melakukan survei bersama lima rekannya dari Surabaya,” terang Rio.

Kemudian, mereka mendengar kabar bahwa rekannya dari Surabaya yang ditemui di Jember dan Bondowoso terkonfirmasi positif Covid-19. Lalu dilakukan tes swab di RSUD Genteng. Hasilnya keluar pada 3 Juli, positif Covid-19.

”Saat ini keduanya dirawat intensif di RSUD Genteng,” urainya.

Selanjutnya pasien konfirmasi 32 merupakan pria asal Kecamatan Bangorejo, 24 tahun. Yang bersangkutan di-swab dan diperiksa dengan mesin TCM RSUD Blambangan, lalu dinyatakan positif. Sedangkan pasien konfirmasi positif 33 merupakan seorang pria usia 60 tahun asal Kecamatan Bangorejo.

"Pasien 32 adalah pramusaji di salah satu cafe di Kecamatan Gambiran. Sementara pasien 33 adalah seorang pedagang," tambah Rio.

“Gugus Tugas telah melakukan tracing terhadap kontak erat keempat pasien positif terbaru ini untuk dilanjutkan dengan tindakan sesuai protokol kesehatan,” kata Rio. (Haorrahman/Tribunjatim.com)

Penulis: Haorrahman
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved