Breaking News:

Plt Bupati Sidoarjo Meninggal Dunia

Cak Nur Wabup Sidoarjo Sosok Katalisator Konflik Ampuh, Pemberani Inisiasi Perdamaian

Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin alias Cak Nur merupakan sosok katalisator konflik organisasi yang ampuh.

Penulis: Luhur Pambudi | Editor: Yoni Iskandar
SURYA/M TAUFIK
Nur Ahmad Syaifuddin saat mengadakan halal bihalal dengan MWC NU dan Banom NU Kecamatan Buduran di Hotel Luminor Sidoarjo, Minggu (26/7/2020). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Luhur Pambudi

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin alias Cak Nur merupakan sosok katalisator konflik organisasi yang ampuh.

Hal itu diungkapkan oleh M Suwarno (62) sahabat Cak Nur sewaktu aktif di organisasi Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nahdlatul Ulama (NU).

Saat berusia bujang dan masih aktif di organisasi, ungkap Suwarno, Cak Nur merupakan orang pemberani dan terdepan dalam menghadapi dinamika konflik di dalam organisasi ketika itu.

Pemberani yang dimaksud jangan diartikan sebagai berani untuk berseteru dengan orang lain yang menjadi lawan dalam konflik.

Namun, pemberani yang dimaksud Suwarno, adalah Cak Nur berani memulai terlebih dahulu untuk menyelesaikan konflik tersebut.

Sosok Cak Nur Dimata Sahabat, Pemimpin yang Tidak Suka Perintah Orang Lain, Tidak Neko-Neko

Akhir Pencarian Gadis 14 Tahun Dibawa Kabur Duda 3 Anak, Kondisi Pasca Melahirkan Miris, Kurusan

BREAKING NEWS - Bos PT Gala Bumi Perkasa Henry J Gunawan Meninggal Dunia Di Rutan Medaeng

"Kalau di organisasi kalau hadapi konflik dia yang paling di depan. Dari segera permasalahan harus terselesaikan gitu," katanya saat ditemui TribunJatim.com di depan rumah Cak Nur, di Jalan Brigjen Katamso, Janti, Waru, Sidoarjo, Sabtu (22/8/2020).

Menurut Suwarno, watak Cak Nur yang ditunjukkan itu khas seorang pendekar dalam khazanah dunia persilatan.

Yakni seorang yang tak cuma berilmu dan memiliki keberanian tinggi. Namun juga memiliki kebesaran hati yang bersifat pengayom.

"Bahasanya kan watak pendekar gitu. Jadi ya maju duluan," pungkasnya.

Perangai Cak Nur itulah yang mungkin membuatnya tidak memiliki musuh. Selain pengayom, gaya hidup Cak Nur yang terbilang sederhana, membuat orang-orang yang baru berkenalan dengannya, mudah akrab.

Dan Cak Nur juga tidak pernah lupa dengan sahabat-sahabatnya seperjuangannya dahulu di organisasi kepemudaan NU, saat masih berusia remaja.

"Memang dia itu tipe orang sederhana, ya seperti kita kita ini. Walaupun dia itu pejabat. Ya masih sempat ketemu teman teman," ujar M Tujianto (50) sahabat Cak Nur saat aktif di organisasi pencak silat di lingkungan NU, Pagar Nusa.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved