Breaking News:

Kapolda Jatim Imbau Masyarakat Taati Perda Jatim Nomor 2 Tahun 2020

Bertempat di Gedung Negara Grahadi Forkopimda Jatim Launching Tim Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan Covid-19.

istimewa
Suasana launching Tim Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan Covid-19 yang digelar di Gedung Negara Grahadi, Rabu, (16/9/2020). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Syamsul Arifin 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Bertempat di Gedung Negara Grahadi Forkopimda Jatim Launching Tim Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan Covid-19

Dalam launching tersebut Kapolda Jatim Irjen Pol Mohammad Fadil Imran beserta pejabat utama serta Pangdam V/Brawijaya serta Gubernur Jatim turut melaunching tim tersebut. 

Dikatakan Fadil, bahwa saat ini dilakukan operasi yustisi sebagai langkah penegakan hukum dalam penerapan protokol kesehatan di Pandemi Covid-19. Dan yang sudah diatur didalam perda nomor 2 tahun 2020.

"Kita sudah melakukan proses sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, saat ini akan dilakukan penegakan hukum secara masif yang tertuang didalam peraturan daerah (Perda)," terangnya, Rabu (16/9/2020).

Dalam mekanisme aturan ini nanti ada mobil Tim Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan Covid-19, akan berkeliling di Surabaya dan sekitarnya untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. 

Pak Kos Diam-diam Rekam Gadis SMA Video Call Tanpa Busana, Jadi Senjata Minta Jatah, Ending Miris

VIRAL Bu Guru Doakan Murid Meninggal Perkara Sekolah Online, Cabut, Inul Ikut Emosi: Nggak Layak!

Curhat Pilu Suami Korban Dukun Cabul di Gresik, Istri Dinodai Pelaku Berulang Kali Saat Sakit

Operasi Yustisi Penegakan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 2 Tahun 2020. Tentang Perubahan atas peraturan daerah provinsi jawa timur nomor 1 tahun 2019 tentang penyelenggaraan ketentraman ketertiban umum dan pelindungan masyarakat

Sementara itu Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menambahkan, bahwa operasi yustisi ini adalah pekerjaan kolaborasi, TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan elemen masyarakat. Untuk jumlah petugasnya yang diterjunkan disesuaikan polres jajaran setempat.

"Kita lakukan penindakan hukum perda nomor 2 tahun 2020, tentang protokol kesehatan, masyarakat yang banyak melanggar yaitu tidak tertib menggunakan masker," ucapnya. 

Selama dua hari mulai tanggal 14 dan 15 September 2020, sudah ada 3.624 teguran, dalam melakukan penindakan atau penegakan hukum perda nomor 2 tahun 2020.

Teguran berupa lisan sebanyak 2.738 teguran, tertulis sebanyak 886, sanksi sosial sebanyak 1.933, denda administratif 538 kali terkait dengan badan usaha, jumlah nilai denda seluruh jajaran Polda Jatim sebesar Rp. 21. 143.000, penyitaan KTP ada 190. 

"Ini di seluruh Jawa Timur yang dilakukan potensi klaster, seperti pasar, stasiun, mall, maupun mobile," tambah Truno. 

Penulis: Samsul Arifin
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved