Breaking News:

BPJS Kesehatan Luncurkan Layanan Tanpa Tatap Muka Manfaatkan Aplikasi WhatsApp, Begini Caranya

BPJS Kesehatan meluncurkan kanal pelayanan administrasi kepesertaan non tatap muka berbasis aplikasi WhatsApp, PANDAWA.

ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
BPJS Kesehatan meluncurkan kanal pelayanan administrasi kepesertaan non tatap muka berbasis aplikasi WhatsApp, atau yang disebut Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (PANDAWA), 2020. 

TRIBUNJATIM.COM, TULUNGAGUNG - BPJS Kesehatan baru saja meluncurkan kanal pelayanan administrasi kepesertaan non tatap muka berbasis aplikasi WhatsApp, atau yang disebut Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp ( PANDAWA ).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tulungagung, M Idar Aries Munandar mengatakan, PANDAWA merupakan bagian dari upaya BPJS Kesehatan mencegah peningkatan penyebaran kasus virus Corona ( Covid-19 ).

“Melalui PANDAWA ini masyarakat diharapkan bisa mengakses kemudahan layanan administrasi kepesertaan JKN-KIS dimana saja dan kapan saja tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan, cukup chat melalui WA (WhatsApp) sudah bisa mengakses administrasi kepesertaan yang dibutuhkan. Mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir, sehingga sebisa mungkin memaksimalkan physical distancing,” ucap M Idar Aries Munandar saat kegiatan Media Gathering di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Selasa (29/9/2020).

Nandar menguraikan ada beberapa jenis layanan administrasi yang dapat dilayani melalui PANDAWA, antara lain pendaftaran PBPU baru (peserta mandiri), pengurangan anggota keluarga, perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), perubahan kelas rawat, perubahan identitas, pengaktifan atau penonaktifan Warga Negara Indonesia kepesertaan (WNI) dari dan ke Luar Negeri, cetak dan kirim kartu, perubahan data PNS/TNI/Polri, pengaktifan kembali kartu anak PPU usia lebih dari 21 tahun, dan pendaftaran bayi baru lahir.

“Berbagai jenis pelayanan tersebut dapat diakses melalui PANDAWA pada hari kerja, mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB. Untuk mendapatkan pelayanan, ada format yang harus diisi pada saat melakukan chat, yakni menyebutkan nama pelapor, nama peserta , nomor kartu peserta, nomor KTP, nomor HP peserta, dan kode layanan,” terang Nandar.

Untuk mengakses layanan PANDAWA ini, peserta yang berada di wilayah Kabupaten Tulungagung dapat menghubungi nomor 08113301617 atau 08113501617. Sementara untuk Kabupaten Trenggalek dapat menghubungi nomor 08113631617. Terakhir, untuk peserta di wilayah Kabupaten Pacitan dapat menghubungi di nomor 08113781617.

“Bagi peserta di luar wilayah Kantor Cabang Tulungagung, untuk mengetahui nomor WhatsApp PANDAWA Kantor Cabang BPJS Kesehatan di wilayahnya dapat diakses melalui CHIKA (Chat Assistant JKN) di nomor WhatsApp atau telegram 08118750400,” ucap Nandar.

Selain PANDAWA, BPJS Kesehatan juga memberikan pilihan layanan non tatap muka lainnya, yakni layananan administrasi, pemberian informasi dan pengaduan melalui Aplikasi Mobile JKN, Care Center 1500 400, dan CHIKA.

Berbagai inovasi ini mendapatkan apresiasi dari salah satu rekan media yang hadir, Ananias Ayunda (24) yang mengatakan bahwa adanya aplikasi seperti ini sangat berguna saat pandemi, bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

“Kesan ketika mengetahui BPJS Kesehatan memiliki berbagai layanan digitalisasi seperti PANDAWA, CHIKA dan VIKA menurut saya patut diapresiasi. Karena aplikasi ini akan sangat berguna di situasi seperti sekarang ini. Terlepas adanya imbauan untuk menjaga jarak dan menjaga kontak fisik, sebuah layanan pokok seperti kesehatan sudah seharusnya untuk menerapkan digitalisasi, karena akan mudah diakses siapa saja kapan saja dan dimana saja,” ucapnya.

Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved