Breaking News:

BPJS Kesehatan Tulungagung

Daftar JKN-KIS di Tulungagung, Rifai: Tuhan Akan Beri Kita Kesehatan

satu peserta JKN-KIS asal Desa Campurdarat Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung, Ahmad Rifai (29) mengatakan walaupun sehat,

istimewa
Seorang peserta JKN-KIS asal Desa Campurdarat Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung, Ahmad Rifai (29) 

TRIBUNJATIM.COM, TULUNGAGUNG - Memasuki tahun ke-7 berjalan BPJS Kesehatan menyelenggarakan Program JKN-KIS, lebih dari 223 juta penduduk Indonesia telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS.

Dengan sistem gotong royong, peserta yang sehat membantu yang sakit, yang muda membantu yang
tua, dan sebaliknya.

Seperti yang diungkapkan salah satu peserta JKN-KIS asal Desa Campurdarat Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung, Ahmad Rifai (29) mengatakan walaupun sehat, tidak pernah menggunakan JKN-KIS, dirinya bersyukur bisa membantu yang sakit.

“Alhamdulillah belum pernah pakai. Alhamdulillah masih diberi kesehatan, ya mungkin bisa dipakai yang lebih membutuhkan,” ujarnya.

Pria yang sehari-hari bekerja sebagai driver ini mengaku tidak keberatan jika gajinya dipotong untuk membayar iuran JKN-KIS setiap bulan.

Menurutnya itu adalah tabungan apabila suatu saat dirinya sakit, dan sedekah bagi yang lain saat dirinya sehat kini.

“Gak apa-apa kalau iuran terpotong setiap bulan. Gak apa-apa sekali. Istilahnya hitung-hitung untuk membantu yang membutuhkan pelayanan kesehatan, yang sakit. Dan hitung-hitung sodaqoh lah,” ucap pria yang akrab dipanggil Rifai ini.

Walaupun tidak pernah menggunakan JKN-KIS, namun Rifai mengaku memanfaatkan fasilitas kemudahan lain berbasis teknologi yang ditawarkan BPJS Kesehatan, seperti Aplikasi Mobile JKN.

Berbagai macam fitur disediakan pada aplikasi ini.

“Saya punya Aplikasi Mobile JKN. Biasanya saya manfaatkan untuk cek status kepesertaan saya, KIS Digital kalau kartu ketinggalan, dan pindah faskes (fasilitas kesehatan, -red). Jadi kalau misal mau pindah faskes, gak perlu ngurus dan antri di kantor BPJS Kesehatan, cukup lewat aplikasi ini saja,” pungkasnya.

Halaman
12
Penulis: Yoni Iskandar
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved