Penanganan Covid

Lakukan Pendataan Kasus Menjadi Langkah Provinsi Monitoring Penanganan Covid-19

Perkembangan penanganan Covid-19 di Indonesia secara mingguan di berbagai daerah cenderung mengalami peningkatan yang lebih baik.

(Dok. BNPB)
Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito saat memberikan keterangan di Graha BNPB, Jakarta, Senin (30/3/2020). 

TRIBUNJATIM.COM - Perkembangan penanganan Covid-19 di Indonesia secara mingguan di berbagai daerah cenderung mengalami peningkatan yang lebih baik.

Hal itu diungkapkan oleh Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito saat menyampaikan melalui keterangan pers yang disiarkan kanal BNPB Indonesia, Selasa (20/10/2020).

Data Kementerian Kesehatan terkini menyebut kasus aktif ada 62.455 kasus atau 16,9 persen dibandingkan rata-rata dunia 22,57 persen.

Jumlah kasus sembuh kumulatif 293.653 atau 79,6 persen dibandingkan rata-rata dunia 74,57 persen. Pada kasus meninggal 12.734 kasus atau 3,5 persen dibandingkan rata-rata dunia 2,85 persen.

Baca juga: Tangani Covid-19, Pemerintah Daerah Dituntut Fokus Tekan Kasus agar Zona Risiko Membaik

Baca juga: Sambut Baik Vaksin Covid-19, Satgas Jatim Sebut Nakes dan Orang Berkomorbid Harus Jadi Prioritas

Penambahan kasus terkonfirmasi positif 3.602 kasus.

Wiku lanjut membedah perkembangan penanganan di 34 provinsi secara pemeringkatan.

Rangking itu dilihat secara kasus positif, sembuh dan meninggal dalam dua pekan belakangan.

"Hal ini bertujuan untuk melihat bagaimana perkembangan di seluruh provinsi, apakah cukup stabil baik, stabil kurang baik, terus meningkat atau terus mengalami penurunan," kata Wiku.

Dalam memberikan rangking, pada grafiknya dibedakan berdasarkan warna.

Hijau muda adalah provinsi dengan peringkat stabil baik, merah muda stabil kurang baik, hijau tua provinsi dengan perkembangan signifikan ke arah yang lebih baik, merah tua signifikan ke arah kurang baik.

Dari urutan peringkat, Wiku menjelaskan untuk kasus positif dan meninggal, semakin tinggi peringkat artinya perkembangannya kurang baik.

Untuk kasus sembuh, semakin tinggi peringkat maka perkembangannya semakin baik. Dalam memaparkan peringkat itu, Wiku membagi berdasarkan wilayah per kepulauan.

Dimulai dari Pulau Sumatera yang terdiri dari Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan Kepulauan Bangka Belitung, Jambi dan Lampung.

Pada kasus positif mingguan dilihat berdasarkan pekannya di tanggal 4 Oktober 2020, 11 Oktober 2020 dan 18 Oktober 2020.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved