Breaking News:

Pilkada Surabaya

Survei Populi Center: Pendukung Jokowi Cenderung ke Eri Cahyadi, Prabowo ke Machfud Arifin

Hasil Survei Populi Center mengungkap kecenderungan pilihan para pemilih di Pilpres 2019 pada pemilihan Wali Kota Surabaya 2020.

bobby Koloway/surya
Lembaga Survei Populi Center merilis hasil terbaru, Jumat (30/10/2020). Survei ini memotret hasil terbaru jelang pilkada Surabaya. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Hasil Survei Populi Center mengungkap kecenderungan pilihan para pemilih di Pilpres 2019 pada Pilwali Kota Surabaya 2020.

Hasilnya, pemilih Joko Widodo-Maruf Amin memiliki kecenderungan memilih Pasangan Eri Cahyadi dan Armuji.

"Responden yang dulu memilih pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin di Surabaya, sebanyak 45,1 persen memilih pasangan Eri-Armudji. Kemudian Machfud Arifin-Mujiaman sebanyak 37,6 persen,” kata peneliti Populi Center, Jefri Adriansyah.

Sebaliknya, para pemilih Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno cenderung mendukung Machfud Arifin dan Mujiman Sukirno.

Angkanya, Machfud-Mujiaman mendapatkan 44,3 persen dari pemilih Prabowo-Sandi, sedangkan Eri-Armudji mendapat dukungan 35,0 persen.

Baca juga: Polisi Kesulitan Identifikasi Jasad Remaja yang Mengapung di Kubangan Bukit Jamur, Sidik Jari Rusak

Hal ini cukup menarik mengingat Machfud pernah menjabat sebagai Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Joko Widodo-Ma’ruf Amin pada Pemilihan Presiden 2019 di Jatim. Pun di Jatim, Jokowi-Ma'ruf juga mendapat kemenangan telak atas lawannya.

Selain mendapat dukungan dari pemilih Jokowi-Ma’ruf Amin, paslon nomor urut 1 Eri-Armudji juga mendapat dukungan dari pemilih Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak dan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2018 lalu.

Pemilih Khofifah-Emil menjatuhkan pilihan ke Eri-Armudji mencapai 41,1 persen, sedangkan pemilih Gus Ipul-Puti mencapai 48,1 persen. Sementara Machfud-Arifin mendapat dukungan dari pemilih Khofifah-Emil sebanyak 40,5 persen dan  38,3 persen dari pemilih Gus Ipul-Puti.

Hal ini berbanding lurus dengan paslon Eri-Armudji lebih banyak dipilih kaum perempuan dibanding laki-laki. Yakni mencapai 42,3 persen, dan Machfud Arifin-Mujiaman mendapat dukungan 36,6 persen.

Baca juga: Balita di Tuban Tewas Terseret Arus Saat Hujan Deras, Diduga Terpeleset Saat Main di Tepi Jembatan

"Kaum laki-laki juga memberikan dukungan ke Eri-Armudji lebih banyak, yaitu 39,7 persen dan Machfud Arifin-Mujiaman 38,7 persen,” kata Jefri.

Jika dilihat dari kesolidan dukungan antara perempuan dan laki-laki, pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya, Ahmad Zainul Hamdi, menyebut perempuan lebih solid. Kondisi itu dilihat dari perhelatan pesta demokrasi yang telah diselenggarakan tahun-tahun sebelumnya.

“Pada Pilgub Jatim 2018, Khofifah-Emil memang karena dipilih kaum perempuan. Pada Pilwali Surabaya 2015 juga sama. Jadi ini sebuah keuntungan buat Pak Eri-Armudji karena lebih banyak didukung kaum perempuan,” tandasnya.

Untuk diketahui, Populi Center telah melakukan survei pada 6 hingga 13 Oktober 2020 dengan 800 responden yang dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling). Adapun margin of error pada survei kali ini sebesar 4,0 persen dengan tingkat kepercayan 95 persen. (SURYA/Bobby Koloway)

Editor: Pipin Tri Anjani

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Pipin Tri Anjani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved