Breaking News:

Terima Penghargaan Kemendag, Jawa Timur Jadi Provinsi Terbaik yang Peduli Perlindungan Konsumen

Pemprov Jatim mendapatkan penghargaan dari Kementerian Perdagangan sebagai Pemerintah Daerah Peduli Perlindungan Konsumen Tahun 2020.

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Dwi Prastika
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM/HUMAS PEMPROV JATIM
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyerahkan penghargaan Pemerintah Daerah Peduli Perlindungan Konsumen Tahun 2020 kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam acara puncak Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2020 di Cibubur, Kamis (12/11/2020). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fatimatuz Zahroh

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Provinsi Jawa Timur kembali meraih penganugerahan dari pemerintah pusat.

Pada Kamis (12/11/2020), Pemprov Jatim mendapatkan penghargaan dari Kementerian Perdagangan sebagai Pemerintah Daerah Peduli Perlindungan Konsumen Tahun 2020.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Perdagangan Agus Suparmanto kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam acara puncak Hari Konsumen Nasional 2020 atau Harkonas 2020 di Cibubur.

Tak hanya Jawa Timur, provinsi lain yang juga mendapat penghargaan adalah Provinsi Aceh, Sumatera Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Tenggara dan Bangka Belitung.

"Alhamdulillah, penghargaan ini menjadi pelecut bagi Jatim untuk terus memberikan perlindungan kepada konsumen lebih baik lagi. Apalagi di era digital seperti sekarang ini dimana angka transaksi digital terus meningkat," ungkap Khofifah Indar Parawansa

Khofifah Indar Parawansa memaparkan salah satu di antara aspek yang menguatkan Jawa Timur sebagai Provinsi Peduli Perlindungan Konsumen tersebut adalah pembentukan Unit PelaksanaTeknis Perlindungan Konsumen (UPT PK) yang telah diatur berdasarkan Pergub nomor 60 tahun 2018. 

Baca juga: Gerindra Jawa Timur Turun Gunung di Mojokerto, Siapkan Saksi Kawal Suara IkBar di 2084 TPS

Pemprov Jatim melalui Dinas Perindag secara aktif telah membentuk UPT PK yang tersebar di 5 kabupaten/kota di Jawa Timur meliputi Surabaya, Malang, Kediri, Bojonegoro, dan Jember. 

Pembentukan UPT PK juga diikuti dengan pembentukan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK). 

Adapun kelima UPT PK tersebut melaksanakan tugas pengawasan barang beredar, jasa dan tertib niaga, pemberdayaan konsumen dan pelaku usaha, ketatusahaan serta pelayanan masyarakat. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved