Breaking News:

Pilkada Blitar

Gelar Simulasi Pemungutan Suara Pilbup 2020, KPU Kabupaten Blitar Aman Datang ke TPS

KPU Kabupaten Blitar menggelar simulasi pemungutan suara Pemilihan Bupati (Pilbup) 2020, Sabtu (21/11/2020).

Penulis: Samsul Hadi | Editor: Yoni Iskandar
Surya/samsul hadi
Pemilih memasukan surat suara ke kotak suara dalam simulasi pemungutan suara Pilbup Blitar di Desa Sumberdiren, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar, Sabtu (21/11/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - KPU Kabupaten Blitar menggelar simulasi pemungutan suara Pemilihan Bupati (Pilbup) 2020, Sabtu (21/11/2020).

Simulasi dilaksanakan di halaman rumah orang tua pahlawan nasional, Sukarni, di Desa Sumberdiren, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar.

Simulasi pemungutan suara di Pilkada 2020 ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Khusus di Jawa Timur, dilaksanakan di empat kota/kabupaten salah satunya di Kabupaten Blitar.

"Simulasi pemungutan suara Pilkada 2020 ini dilaksanakan serentak di Indonesia. Kabupaten Blitar termasuk satu dari empat kota/kabupaten yang ditunjuk melaksanakan simulasi," kata Komisioner KPU Kabupaten Blitar Divisi Teknis, Nikmatus Sholihah.

Nikmatus menjelaskan, simulasi ini sebagai bimbingan teknis kepada petugas KPPS, PPS, dan PPK dalam pelaksanaan pemungutan suara di Pilbup Blitar 2020.

Pelaksanaan pemungutan suara di Pilbup 2020 sedikit berbeda dengan pemilu sebelumnya. Pilbup 2020 ini berada di masa pandemi Covid-19.

Untuk itu, pelaksanaan pemungutan suara harus menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 secara ketat.

Dalam simulasi itu terlihat para petugas KPPS dan Linmas mengenakan alat perlindungan diri (APD) berupa masker, face shield, dan sarung tangan.

Lokasi tempat pemungutan suara (TPS) juga ditata dengan menerapkan jaga jarak. Panitia menyediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer, sarung tangan, dan masker untuk pemilih.

Baca juga: Sifat Boros Nikita Willy Undang Chef Disentil Mertua, Ibu Indra Priawan: Saya Dapat Sisanya?

Baca juga: Francesco Totti Curhat Pengalaman Saat Kena Covid-19: Demam, Sulit Bernapas Hingga Tak Berdaya

Para calon pemilih yang datang wajib memakai masker, mencuci tangan, dan dicek suhu tubuh sebelum masuk ke TPS. Bagi calon pemilih yang suhu tubuhnya di atas 37,3 derajat disediakan bilik khusus untuk menggunakan hak suaranya.

"Simulasi ini juga diikuti warga sebagai calon pemilih. Ini bagian sosialisasi ke warga kalau datang ke TPS aman. Kami menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan memastikan petugas yang bertugas juga kondisi sehat," ujarnya kepada TribunJatim.com.

Selain itu, kata Nikmatus, simulasi ini juga untuk menerapkan penggunaan Sirekap di Pilbup 2020. Sirekap merupakan aplikasi digital untuk penghitungan suara di Pilkada serentak 2020.

"Aplikasi Sirekap ini baru kali pertama diterapkan di Pilkada serentak 2020," katanya.

Simulasi pemungutan suara Pilbup Blitar 2020 dihadiri Ketua KPU Kabupaten Blitar, Hadi Santoso dan para komisioner. Perwakilan KPU Provinsi Jatim, Muhammad Arbayanto, juga hadir dalam acara itu.

Perwakilan pejabat Forpimda Kabupaten Blitar serta para PPS dan PPK juga hadir dalam pelaksanaan simulasi pemungutan suara Pilbup Blitar 2020. (sha/adv/TribunJatim.com)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved