Breaking News:

BPJS Kesehatan Tulungagung

Guru SD Tulungagung Obati Glaukoma Pakai JKN-KIS, Pelayanan Kesehatan Gratis: Tak Ada Diskriminasi

Bintiyanah, guru SD Kabupaten Tulungagung ceritakana pengalaman obati penyakit glaukoma menggunkan JKN-KIS. Pelayanan gratis tanpa diskriminasi.

ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Bintiyanah (58), guru SD Kabupaten Tulungagung, peserta JKN-KIS. 

TRIBUNJATIM.COM, TULUNGAGUNG – Sebagai seorang pendidik yang masih aktif mengajar di sekolah dasar, tentu tidak mudah bagi Bintiyanah (58) memiliki penyakit glaukoma atau kerusakan saraf mata akibat meningkatnya tekanan pada bola mata.

Sekira tahun 2014, Bintiyanah mengatakan pernah melakukan terapi laser pada bagian mata sebelah kiri.

Namun, di tahun 2019 penyakit itu kambuh dan menyerang bagian mata sebelah kanan, sehingga dirinya harus menjalani rawat inap.

“Tahun 2019 glaukoma saya kambuh. Pernah terapi laser di tahun 2014, dulu kan yang kiri, sekarang yang kanan. Opname 2 kali, yang pertama 3 hari, yang kedua juga 3 hari. Pusing sekali rasanya, nggak bisa ditahan,” cerita Bintiyanah.

Selama menjalani perawatan di rumah sakit menggunakan JKN-KIS, Bintiyanah mengaku tidak mengeluarkan biaya sama sekali.

Peserta JKN-KIS asal Kabupaten Tulungagung ini juga dilayani dengan baik tanpa ada diskriminasi antara dirinya dengan pasien umum.

“Saya nggak kena biaya apa-apa sama sekali, mana pelayanannya bagus, tempatnya bersih, perawat dan dokternya baik sekali. Ndak ada bedanya dengan yang umum, sama. Alhamdulillah semua serba lancar, mudah, masuk rumah sakit juga langsung dilayani,” tuturnya.

Selain glaukoma, Bintiyanah juga menggunakan JKN-KIS untuk penyakit diabetes melitus (DM) yang baru diketahuinya 2 tahun lalu itu.

Bintiyanah mengonsumsi obat setiap hari, dan rutin melakukan check up kesehatan melalui Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) BPJS Kesehatan.

“Kira-kira 2 tahun punya diabetes. Ya konsumsi obat setiap hari. Ikut Prolanis Alhamdulillah sering diadakan check up rutin. Senang ikut Prolanis itu, buat hiburan, ketemu teman-teman, badannya juga tambah sehat,” ujarnya.

Halaman
12
Editor: Hefty Suud
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved