Breaking News:

Hasil Pilkada Banyuwangi 2020

Tak Beda dengan LSI Denny JA, Real Count PDIP: Ipuk-Sugirah Pemimpin Baru Banyuwangi

Hasil real count (penghitungan keseluruhan surat suara di seluruh TPS yang ada) dari Dewan Pengurus Cabang (DPC) PDI Perjuangan Banyuwangi

Surya/Haorrahman
Ipuk-Sugirah bersama para ketua partai pengusung dan pendukung. 

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Hasil real count (penghitungan keseluruhan surat suara di seluruh TPS yang ada) dari Dewan Pengurus Cabang (DPC) PDI Perjuangan Banyuwangi menegaskan akan hadirnya pemimpin baru untuk Banyuwangi, yaitu Ipuk Fiestiandani dan Sugirah.

Hasil real count PDIP tidak jauh berbeda dengan hasil quick count dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA yang telah diumumkan Rabu (9/12) kemarin.

"Kami telah membentuk saksi-saksi yang disebar di seluruh TPS (Tempat Pemungutan Suara) di Banyuwangi," kata I Made Cahyana Negara, Ketua DPC PDI Perjuangan Banyuwangi dalam jumpa pers, Kamis (10/12).

Jumpa pers dihadiri jajaran pimpinan parpol pengusung dan pendukung Ipuk-Sugirah, di antaranya Gerindra, NasDem, PPP, Hanura, Partai Gelora, PSI, Partai Berkarya, Perindo, dan Partai Garuda.

Made mengatakan, DPC PDI Perjuangan telah menempatkan saksi di seluruh TPS yang mencapai 3745. Hingga hari ini telah terdapat hasil penghitungan suara di 3715 TPS, hanya kurang 30 TPS yang belum masuk. Di tiap TPS saksi diwajibkan untuk melaporkan hasil penghitungan suara berdasarkan form C1 otentik.

Baca juga: REAL COUNT KPU PILKADA GRESIK di pilkada2020.kpu.go.id, Sementara Gus Yani Ungguli Qosim, Cek Data

Baca juga: Mengintip Foto Lawas Mayangsari & Bambang Trihatmodjo, Pernah Dipajang saat Anniversary, Serba Putih

Baca juga: Kabar Duka, Pahlawan dan Legenda Timnas Italia, Paolo Rossi Meninggal Dunia

"Hingga hari ini kami telah merekap 99,2 persen hasil penghitungan suara berdasarkan C1 otentik dari total TPS, hanya kurang 30 TPS yang belum diinput, dikarenakan human error saja," kata I Made Cahyana Negara kepada TribunJatim.com.

Hasilnya, dari total 825.372 pemilih, pasangan Yusuf Widiyatmoko dan Muhammad Riza Aziziy meraih 391.253 atau 47,4 persen. Sementara Ipuk-Sugirah unggul dengan suara 434.119 atau 52,6 persen.

Ini tidak jauh berbeda dengan hasil quick count final yang dikeluarkan LSI Denny JA, dengan data sampel mencapai 100 persen, di mana Yusuf Widyatmoko-Muhammad Riza Aziziy meraih 46,98% suara, sementara Ipuk Fiestiandani-Sugirah 53,02% suara, selisih 6,04%, dengan margin error plus minus 1 %.

"Dengan demikian berdasarkan hasil real count, Ipuk-Sugirah menang dalam Pilkada Banyuwangi 2020. Kami akan terus mengawal hasil ini hingga hasil penghitungan resmi dari KPU Banyuwangi," kata Made kepada TribunJatim.com. (Haorrahman/Tribunjatim.com)

Penulis: Haorrahman
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved