Breaking News:

Banjir di Lamongan Meluas, 38 Desa di 6 Kecamatan Tergenang, Kerugian Ditaksir Capai Rp 26 Miliar

Banjir akibat meluapnya anak sungai dan sungai Bengawan Solo ini semakin meluas hingga di 6 kecamatan dengan jumlah desa sebanyak 38 desa.

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Pipin Tri Anjani
SURYA/Hanif Manshuri
Kondisi banjir di Lamongan akibat luapan anak sungai yang tak lagi mampu menampung curah air hujan, Sabtu (9/1/2021) 

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Banjir di Lamongan belum surut. Bahkan, banjir akibat meluapnya anak sungai dan sungai Bengawan Solo ini semakin meluas hingga di 6 kecamatan dengan jumlah desa sebanyak 38 desa.

Sehari sebelumnya, baru di 5 kecamatan. Namun hujan yang setengah hari kemarin mengguyur Lamongan, membuat anak sungai yang ada penuh hingga melubar ke jalanan, rumah penduduk, tambak pun tak lagi ada yang kelihatan pematangnya.

Data terbaru dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamongan menyebutkan, banjir kini merendam 38 desa di 6 kecamatan tersebut  ketinggian air bervariasi antara 20 cm hingga 75 cm.

"Per 9 Januari ini ada ada 38 desa di 6 kecamatan yang terdampak banjir akibat luapan Sungai Bengawan Njero dan Bengawan Solo, terbaru yang datanya masuk ada Kecamatan Karanggeneng," kata Kasi Tanggap Darurat BPBD Lamongan Muslimin saat dikonfirmasi, Surya.co.id (grup TribunJatim.com), Sabtu (9/1/2021).

Muslimin merinci, di Kecamatan Karang binangun  9 desa diantaranya, Desa Waruk, Sumowingangun, Karanganom, Ketapang Telu, Sukorejo, Putatbangah, Blawi, Baranggayang dan Pendowolimo.

Kecamatan Glagah merendam 8 desa di antaranya, Desa Soko, Morocalan, Gempolpendowo, Rayunggumuk, Pasi, Menganti, Margoanyar dan Duduklor. 

Empat desa di Kecamatan Deket yaitu Desa Laladan, Sidomulyo, Tukerto dan Weduni.

Untuk Kecamatan Kalitengah terdapat 8 desa yang terendam banjir yaitu Desa Bojoasri, Gambuhan, Blajo, Tiwet, Jelakcatur, Somosari, Pucangtelu dan Pucangro.

Sedangkan di Kecamatan Turi setidaknya 5 desa terendam banjir, yaitu Desa Putatkumpul, Kemlagilor, Pomahanjanggan, Kepudibener dan Bambang. 

Kecamatan yang baru saja terendam yakni, Kecamatan  Karanggeneng dan  4 desa terendam banjir, yaitu Desa Kalanganyar, Sungelebak, Kendalkemlagi dan Banjarmadu," papar Muslimin

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved