Breaking News:

Meski 2020 Ada Pandemi, HSC Sukses Jual Mobil Honda Sebanyak 8.903 Unit, Brio Jadi Juru Selamat

Di tengah melambatnya kondisi ekonomi akibat pandemik panjang dan adanya pembatasan aktivitas masyarakat yang berdampak besar terhadap penjualan

Istimewa/TribunJatim.com
Sepanjang tahun 2020, Honda Brio tercatat sukses jadi tulang punggung penjualan Honda di Jatim, Bali dan Nusra, dengan kontribusi mencapai 4.601 unit. 

Reporter: Fikri Firmansyah | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Di tengah melambatnya kondisi ekonomi akibat pandemik panjang dan adanya pembatasan aktivitas masyarakat yang berdampak besar terhadap penjualan otomotif, Honda Surabaya Center (HSC) selaku Main Dealer resmi Honda wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara justru berhasil mencatatkan penjualan yang positif, terutama pada kuartal keempat tahun 2020.

"Pada bulan Desember lalu, kami sukses menutup tahun dengan penjualan sebesar 1.070 unit, angka ini meningkat sebesar 37,36% jika dibandingkan bulan sebelumnya," ujar President Director Honda Surabaya Center, Ang Hoey Tiong, Selasa (26/1/21) diacara virtual gathering media bareng Honda Surabaya Center.

Adapun untuk secara total, kata Ang Hoey Tiong, Honda Surabaya Center berhasil membukukan penjualan sebesar 8.903 unit sepanjang tahun 2020.

Baca juga: BWF World Tour Finals 2020 Tayang di TVRI, Simak Jadwal Selengkapnya

Dikatakan pula olehnya, bahwa dari total penjualan yang sebesar 8.903 unit itu, Honda Brio lah yang punya kontribusi terbesar dari total penjualan.

"Honda Brio berkontribusi sebesar 51,67% terhadap total penjualan dan menjadi kontributor utama untuk Honda di sepanjang tahun 2020 dengan total penjualan sebesar 4.601 unit, yang mana dengan rincian Brio Satya meraih 3.184 unit dan Brio RS terjual 1.417 unit," jelasnya.

Pada posisi ketiga, diraih Honda HR-V 1.5L, yang mana penjualannya berhasil mencatatkan sebanyak 1.289 unit.

Selain Honda HR-V 1.5L, Honda Mobilio pun juga sukses membukukan penjualan yang cukup besar, yakni sebanyak 991
unit.

Kemudian disusul oleh Honda Jazz yang sukses mencatatkan penjualan sebanyak 897 unit dan Honda CR-V terjual sebanyak 548 unit.

Selain itu, ada juga beberapa model lain yang turut menyumbang penjualan di tahun 2020, diantaranya meliputi, Honda BR-V sebesar 216 unit, Honda Civic Hatchback sebanyak 134 unit dan Honda HR-V 1.8L sebesar 122 unit.

Sementara untuk pangsa pasar sedan premium keluarga bergenre elegan, seperti Honda Civic Sedan sukses terjual sebanyak 42 unit, Honda Accord telah terjual sebesar 32 unit, Honda City mencatat penjualan sebanyak 17 unit, Honda Odyssey terjual sebanyak 10 unit dan Honda Civic Type R terjual sebesar 4 unit.

Diakui Ang Hoey Tiong, tahun 2020
memang tahun yang menantang, terutama dengan kondisi pasar yang turun untuk semua brand otomotif, termasuk Honda.

Meski demikian, pasar mulai membaik pada semester kedua dan Honda juga menutup tahun atau kuartal keempat dengan tren pertumbuhan yang positif.

Berkaca dari membaiknya penjualan pada kuartal empat itu pula, lebih lanjut Ang Hoey Tiong mengatakan, maka ditahun baru 2021 ini, pihaknya akan terus fokus untuk meningkatkan penjualan dan penetrasi market meski di tengah kondisi yang masih belum 100% stabil.

"Adapun, salah satu strategi kami dalam mewujudkan peningkatan penjualan ditahun ini adalah dengan memberikan program penjualan yang meringankan konsumen yang membutuhkan mobil Honda," tandasnya.

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved