Breaking News:

Hasil Penelitian KoinWorks: Digitalisasi dan Aspek Finansial Adalah Kunci Utama UKM Bangkit di 2021

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia pada tahun 2020, berdampak besar pada aktivitas ekonomi dan bisnis termasuk UKM di seluruh

Istimewa/TribunJatim.com
Ilustrasi UKM yang bakal bangkit di tahun 2021 

Reporter: Fikri Firmansyah | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia pada tahun 2020, berdampak besar pada aktivitas ekonomi dan bisnis termasuk UKM di seluruh Indonesia.

Melihat perkembangan kondisi ekonomi dan bisnis yang mempengaruhi kondisi UKM di Indonesia itu, KoinWorks sebagai platform Super Financial App yang fokus menghadirkan inovasi dan solusi finansial bagi UKM pun melakukan penelitian Digital SMEs Confidence Index/Indeks Keyakinan UKM Digital Q4 2020.

Penelitian tersebut dilakukan untuk memperoleh pandangan pemilik UKM tentang bagaimana mereka menghadapi lingkungan bisnis selama tahun pandemi 2020, faktor-faktor yang mempengaruhi tindakan mereka, serta pandangan mereka terhadap bisnis setelah pandemi.

422 CJH di Sampang Sudah Melunasi Biaya Haji, Jadwal Pemberangkatan Masih Belum Bisa Dipastikan

“Penelitian Digital SMEs Confidence Index yang kami lakukan kepada 1.188 pelaku UKM Digital di 34 provinsi di Indonesia ini merupakan bentuk dari upaya kami dalam memanfaatkan jaringan UKM yang kami miliki untuk mengetahui keyakinan bisnis UKM Digital di tengah adanya pandemi COVID-19 juga perkembangan industri yang berubah," Jelas Chief Marketing Officer KoinWorks, Jonathan Bryan, Rabu (3/2/21).

Adapun hasil dari penelitian itu, kata Jonathan, didapati bahwa sebuah inovasi, digitalisasi serta dukungan aspek finansial menjadi beberapa faktor pendorong untuk UKM dapat beradaptasi dimasa pandemi sepanjang 2020, serta juga sekaligus untuk menyongsong optimisme pertumbuhan dan perbaikan positif untuk tren bisnis UKM di 2021.

Jonathan menambahkan, periode pandemi COVID-19 memang terbukti membuat adanya perubahan perilaku dari pelanggan, hingga bisnis UKM pun ikut menerima pengaruhnya.

Hal itu pun sama dengan hasil yang didapati dari survey yang KoinWorks lakukan.

"Sebanyak 89,2% pemilik UKM setuju bahwa pandemi ini sangat memberikan dampak kepada bisnis mereka, baik secara positif maupun negatif," sambung dia.

Selain itu, 33,2% pelaku bisnis juga sempat mengalami penurunan penjualan mulai dari 31% - 75%.

Kondisi itu lah yang akhirnya pun memaksa pelaku bisnis UKM Digital untuk dapat bertahan, salah satunya melalui digitalisasi.

"Dari hasil tersebut dapat diartikan bahwa digitalisasi dapat membuka banyak gerbang untuk pelaku UKM agar dapat mempertahankan bisnisnya dan peran penting lainnya dari sektor pembiayaan, dimana hal ini juga dinilai sebagai faktor yang paling dibutuhkan untuk mengembangkan usaha pada saat pandemi atau setelah pandemi berakhir," jelasnya.

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved