Breaking News:

Banyuwangi Diselimuti Hujan Abu Tipis dari Erupsi Gunung Raung, Warga Diminta Tidak Panik

Sebaran abu vulkanik dari aktivitas Gunung Raung, mulai dirasakan warga di sejumlah daerah di Kabupaten Banyuwangi, Minggu (7/2).

istimewa
Gunung Raung mengeluarkan abu vulkanik sampai ke Kabupaten Banyuwangi 

Reporter : Haorrahman | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Sebaran abu vulkanik dari aktivitas Gunung Raung, mulai dirasakan warga di sejumlah daerah di Kabupaten Banyuwangi, Minggu (7/2).

Petugas PPGA Raung, Burhan Alethea membenarkan kolom asap erupsi Gunung Raung mencapai 1000 meter di atas puncak. Asap kawah bertekanan lemah hingga sedang teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal. 

"Asap/abu mengarah ke Tenggara -Timur. Sudah banyak laporan kepada kami. Tadi juga abu juga menghujani kantor PPGA Raung," kata Burhan.

Meski demikian, untuk aktivitas vulkanik Gunung setinggi 3.332 mdpl itu tidak banyak perubahan. PPGA Raung mencatat adanya Tremor Menerus (Microtremor) terekam dengan amplitudo 3-20 mm (dominan 6 mm). 

"Aktivitas vulkanik biasa saja tidak ada peningkatan. Hanya saja secara visual yang sedikit berbeda," katanya.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi, Eka Muharam meminta kepada warga untuk tetap tenang. Sebaran debu vulkanik Gunung Raung memang sudah menghujani Banyuwangi. Namun demikian, sesuai dengan koordinasi yang dilakukan dengan PPGA Raung, hujan abu masih dirasa aman. 

Akhirnya Gading Komentari Video Syur Gisel, Tekad Soal Wijin: Gue di Belakang, Beri 1 Pesan Menohok

Andai Kakak Gus Baha Masih Hidup, Akan Ada Matahari Kembar Menerangi Indonesia Dalam Berdakwa

Nongkrong Di Jam Malam, Ratusan Pengunjung Kafe Di Jalan Sudimoro Kota Malang Jalani Rapid Tes

Namun demikian, pihaknya meminta kepada warga untuk melengkapi kacamata dan masker saat akan berkendara, khususnya kendaraan roda dua. 

"Kita imbau masyarakat menggunakan masker dan kacamata yang akan keluar rumah," katanya.

Warga mendapati halaman rumah hingga kendaraan milik warga terkena hujan abu berwarna hitam pekat. 

Salah seorang warga olehsari, Banyuwangi, Arum Anugrah mengatakan, teras depan rumah miliknya dipenuhi dengan abu vulkanik yang cukup tebal. Warga juga merasakan perih di mata saat berkendara. 

"Waktu saya keluar rumah saya melihat teras depan rumah saya sudah di penuhi oleh abu Raung. Kendaraan saya juga yang parkir sudah banyak abunya," kata Arum.

Hal yang sama juga terpantau oleh warga yang sedang berada di Ketapang, Kecamatan Kalipuro sejak satu hari lalu. Mereka mengaku merasakan debu vulkanik. "Meja ini baru saya bersihkan 15 menit lalu, debunya sudah banyak lagi sekarang. Ini sudah sejak kemarin siang. Lantai juga kelihatan kotor sekarang," ujar Anang, warga Ketapang kepada TribunJatim.com.

Penulis: Haorrahman
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved