Breaking News:

Berita Surabaya

Rusun Tambak Wedi Juni Bisa Ditempati, Konstruksi Disebut Sudah Capai 90 Persen

Rusunawa Tambak Wedi, Kecamatan Kenjeran, akan segera ditempati. Sekitar Juni 2021 besok, warga sudah bisa menempati rusun tersebut. Saat ini

TribunJatim.com/ Nuraini Faiq
Rusunawa Tambakwedi siap ditempati 

Reporter: Nuraini  Faiq | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA -Rusunawa Tambak Wedi, Kecamatan Kenjeran, akan segera ditempati. Sekitar Juni 2021 besok, warga sudah bisa menempati rusun tersebut. Saat ini, bangunan flat untuk warga itu tinggal menyisakan beberapa pekerjaan. 

Proyek Rusunawa yang dibangun Kementerian Pekerjana Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tersebut  sekarang sudah mengerjakan instalasi listrik. "Konstruksi sudah 90 persen dan target April tuntas," terang General Affair PT Tiga Mas, Soni Suharsono, Senin (5/4/2021).

Baca juga: Siasat Pria Gresik Pacari Istri Orang hingga Berhubungan Intim, Simpan Foto Syur Korban untuk 1 Hal

Kontraktor ini adalah pelaksana proyek rusun empat lantai. Proyek yang didanai APBN ini diharapkan bisa memberi kebutuhan dasar warga akan tempat tinggal. Keberadana rusun tentu untuk warga kurang mampu. 

Soni menyebut bahwa saat ini tengah dikerjakan mekanikal elektrikal. Pengerjaan ini meliputi plumbing sistem pemadam kebakaran, sistem data, sistem tata suara, dan sistem building automation system.

Secara keseluruhan bangunan berkapasitas 61 unit tersebut sudah mencapai 90 persen. Gedung empat lantai ini juga sudah dilakukan pemasangan kaca hingga pemolesan tembok. 

"Kami merencanakan Mei besok sudah bisa diserahterimakan ke Pemkot Surabaya untuk dimanfaatkan. Mudah-mudahan tidak ada kendala," tambah Soni. 

Soni optimis bahwa pengerjaan keseluruhan bisa rampung diakhir April ini. Sesuai kesepakatan awal bahwa di akhir April ini sudah tidak ada lagi pengerjaan. 

Dengan total 61 unit, artinya bisa menampung jumlah keluarga sebanyak unit ini. Setiap kamar luasnya 36 meter persegi. Setidaknya bisa mengurangi jumlah antrean Rusun di Surabaya yang mencapai 11.000.

Dengan tuntasnya Pembangunan Rusun Tambak Wedi 2 ini artinya ada dua rusun di Tambak Wedi. Keduanya sama-sama dijerjakan Kementerian PUPR. Rusun pertama dibangun pada 2017 dengan kapasitas 70 unit.

Selain dua unit rusun itu, ada juga Pembangunan Rusun yang dikerkan Kementerian PUPR. Yakni Rusun di Dukuh Menanggal juga rusun yang didanai APBN. 

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Wilayah Bappeko Surabaya, Andy Prihandoko, menyatakan bahwa proyek rusun tersebut adalah proyek Pemerintah pusat. 

Siapa paling berhak menempati rusun baru itu, Andy tidak tahu. "Pemanfaatannya ada di Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah (DPBT)kata Andy. (Faiq) 

Kumpulan berita Surabaya terkini

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved