Breaking News:

Berita Jatim

Peringatan HPN 2021, Gubernur Jatim Khofifah Berpesan Industri Pers Berjalan Sehat dan Terlindungi

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa hadiri HUT Ke-75. Berpesan instri pers berjalan sehat dan terlindungi di tengah pandemi Covid-19.

Editor: Hefty Suud
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam resepsi peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 dan HUT Ke-75 PWI di Gedung Negara Grahadi di Jalan Gubernur Suryo Surabaya, Jumat (9/4/2021). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berpesan ekosistem dan industri pers berjalan sehat dan terlindungi meskipun pandemi virus Corona  ( Covid-19 ) masih berlangsung sampai sekarang.

"Ini agar masyarakat dapat terus menerima kualitas informasi yang baik dan tidak menerima berita hoaks," kata Khofifah saat menyampaikan sambutan pada resepsi peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 dan HUT Ke-75 PWI di Gedung Negara Grahadi di Jalan Gubernur Suryo Surabaya, Jumat (9/4/2021).

Menurut Khofifah, pemerintah membutuhkan kehadiran pers dengan perspektif jernihnya untuk berdiri di depan melawan kekacauan informasi, penyebaran kabar bohong, dan ujaran kebencian yang mengancam kehidupan demokrasi.

Baca juga: Suami Brondong Nikahi Janda, Anaknya Malah ‘Diembat’ Tak Kuat Nafsu Usia Lebih Dekat, Istri Sah Pilu

Baca juga: Muncul Bukti Ayus Sabyan Makin Tancap Gas ke Nissa Setelah Cerai: Setia, Keduanya Tak Bisa Sembunyi

"Bahkan, bila dihadapkan dengan situasi pandemi seperti sekarang, peranan pers sangat dibutuhkan dan kian relevan. Pers menjadi garda terdepan untuk mencerahkan, meluruskan informasi dan meredakan kepanikan yang melanda masyarakat," katanya.

Sementara itu, Ketua PWI Jatim Ainur Rohim menyampaikan, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, peringatan HPN 2021 dan HUT Ke-75 PWI dilaksanakan dengan banyak keterbatasan sebab digelar pada saat pandemi Covid-19.

Di era sekarang, saat pandemi Covid-19 belum sepenuhnya hilang dan secara faktual dunia pers setidaknya mengalami dua hantaman.

“Pertama, dampaknya pada kontraksi ekonomi dan berimbas ke ekonomi bisnis media massa, lalu kedua adalah great disruption media, yakni guncangan besar terhadap media massa arus utama atau mainstream oleh media sosial berdampak luar biasa pada eksistensi," katanya.

Baca juga: Lapak Jajanan Takjil di Kampung-kampung Surabaya Boleh Buka Saat Ramadan 2021, Asal Memenuhi Hal Ini

Baca juga: Jual Istri untuk Layanan Seks Bertiga, Pria Jombang Ini Ngaku Ketagihan Dapat Uang Banyak Instan

Cak Air, sapaan akrabnya, berterima kasih dan mengapresiasi kepada banyak pihak yang telah mendukung kegiatan PWI Jatim dalam rangka peringatan HPN 2021 di masa pandemi Covid-19.

"Secara khusus, terima kasih kepada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa karena selama HPN mendukung tidak sedikit program dan kegiatan. Termasuk vaksinasi Covid-19 kepada ratusan wartawan dan pekerja media," ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved