Gempa di Jawa Timur

Getaran Gempa Bumi Terasa di Pulau Madura, BPBD Bangkalan : Informasi Gempa Susulan Adalah Hoaks

Getaran gempa bumi tektonik magnitudo 6,7 mengguncang selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang terasa hingga ke Pulau Madura, termasuk Kabupaten

Penulis: Ahmad Faisol | Editor: Januar
Istimewa/TribunJatim.com
Kepala BPBD Bangkalan klarifikasi soal hoaks gempa susulan 

Reporter: Ahmad Faisol | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, BANGKALAN - Getaran gempa bumi tektonik magnitudo 6,7 mengguncang selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang terasa hingga ke Pulau Madura, termasuk Kabupaten Bangkalan, Sabtu (10/4/2021).

Kabar gempa mulai menjadi perbincangan sejumlah warga di Bangkalan sekitar pukul 14.25 WIB.

Seperti yang disampaikan Ny Nur Hayati (50), warga Kelurahan Pangeranan, Kecamatan Kota. 

Baca juga: BREAKING NEWS - Tulungagung Merasakan Gempa Hebat Sekitar Dua Menit

"Ketika berjalan ke dapur dari teras rumah, saya merasakan getaran. Langkah seperti lunglai," ungkapnya kepada Surya. 

Beberapa jam setelah gempa, banyak beredar informasi di sejumlah grup media sosial bahwa gempa susulan akan kembali terjadi.

Bahkan, informasi gempa susulan disampaikan dengan menyertakan tulisan, BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) Juanda. 

"Disampaikan kepada seluruh masyarakat utl tetap berhati2. Diperkirakan akan terjadi Gempa Susulan sampai dengan nanti malam,,, BMKG sudah mendapatkan Titik Rawan Gempa,,,,, BMKG JUANDA"

Menanggapi hal itu, Kepala Badan Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangkalan, Rizal Morris memastikan bahwa informasi gempa susulan adalah tidak benar.

"Informasi itu hoaks," ungkap Rizal Morris kepada Surya. 

Dalam siaran pers BPBD Kabupaten Bangkalan, gempa tektonik terjadi pada pukul 14.00.16 WIB wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa.

Rizal menjelaskan, hasil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempabumi ini memiliki magnitudo M=6,7 kemudian diupdate menjadi magnitudo Mw=6,1.

"Tidak berpotensi terjadinya tsunami. Getaran terasa hingga ke Kabupaten Bangkalan namun tidak ada korban jiwa atau kerusakan gedung," jelasnya.

Dampak gempa bumi, lanjutnya, dirasakan di Kabupaten Bangkalan II MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved