Breaking News:

Berita Sidoarjo

Pandemi Covid-19, Ekspor Furniture dari Sidoarjo Malah Meningkat Drastis

Saat pandemi Covid-19, ekspor furniture dari Sidoarjo malah meningkat drastis. Tiap bulan PT Integra Indocabinet mengekspor seribu kontainer furniture

ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Mendag M Lutfi saat melepas puluhan kontainer ekspor tujuan Amerika Serikat didampingi Wagub Jatim Emil Dardak dan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor, Selasa (20/4/2021). 

Reporter: M Taufik | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO - Masa pandemi Covid-19 (virus Corona) menyebabkan banyak industri sulit mencari pasar dan bahkan banyak yang gulung tikar.

Tapi tidak bagi perusahaan furniture di Sidoarjo.

Selama masa pandemi, justru permintaan meningkat drastis.

Setiap bulan PT Integra Indocabinet mampu mengekspor seribu kontainer furniture. Pasar utamanya adalah Amerika Serikat

"Lebih dari 85 persen hasil produksi furniture merupakan pesanan luar negeri," kata CEO PT Integra Indocabinet, Halim Rusli, saat menerima kunjungan Menteri Perdagangan (Mendag), M Lutfi, Selasa (20/4/2021).

Menurut Halim Rusli, rata-rata nilai ekspor produk dari perusahaan yang berada di Sedati itu dalam satu tahun mencapai Rp 4 triliun.

“Kurang lebih kita mengirim seribu kontainer setiap bulannya. Selama pandemi ini permintaan furniture meningkat tajam, khususnya pasar utama kita adalah Amerika Serikat. Nilai ekspor setiap tahunnya sekitar Rp 4 triliunan. Untuk pasar domestik sebelum pandemi pasar kita 20 persen, tapi saat pandemi ini pada tiarap semua.” urainya.

Untuk pemenuhan kebutuhan bahan baku kayu, Halim mengaku pasokannya masih aman dan tidak ada kendala. 

Baca juga: Ikut Program Coaching Clinic, Tiga Pelajar Papua Dapat SIM dari Polresta Sidoarjo

Baca juga: Pilu, Kondisi Mayat Bayi dalam Tas di Malang Dibalut Serbet, Mulut Disumbat, Diduga Sengaja Dibuang

Menteri Perdagangan, M Lutfi menilai keberadaan PT Integra sangat penting karena termasuk salah satu pabrik penghasil furniture terbesar di Indonesia dengan pasar utamanya adalah luar negeri atau mayoritas hasil produksinya adalah ekspor.

Halaman
12
Penulis: M Taufik
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved