Breaking News:

Berita Surabaya

Petani di Banyuwangi Ikut Rasakan Manfaat Alsintan Pemberian Kementan

Pasca pemberian bantuan alat dan mesin pertanian dari pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) kini manfaatnya mulai dirasakan oleh petani.

Penulis: Aqwamit Torik | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/ERWIN WICAKSONO
Petani di Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang mendapat alat-alat pertanian dari Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, Selasa (18/5/2021). 

Reporter: Aqwamit Torik I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM - Pasca pemberian bantuan alat dan mesin pertanian dari pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) kini manfaatnya mulai dirasakan oleh petani.

Diketahui sebelumnya, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menjelaskan jika alat dan mesin pertanian (Alsintan) adalah alat bantu yang bisa meringankan kinerja petani di sawah. Diharapkan waktu tugas petani bisa dipangkas dan efektif.

Diungkapkan oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Surangganti Desa Gladag, Kecamatan Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Heru Rusiyanto menjelaskan jika Alsintan bermanfaat untuk petani mulai dari tanam hingga proses panen.

"Kebetulan kita juga mendapat bantuan mesin tanaman, kita dapat dua, kemudian ditambah lagi satu jadi tiga dan hari ini kita punya empat dari hasil penyewaan jasa, kita bisa membeli sendiri satu unit mesin tanam," ujar Heru yang juga merupakan Manager Unit Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA), Kamis (20/5/2021).

Heru menjelaskan jika perbandingan sebelum menggunakan Alsintan dan setelah memakai Alsintan sangat terlihat bedanya. Pertumbuhan padi juga lebih bagus dan lebih cepat.

"Dari sebelumnya itu hanya untuk luasan milik kami sendiri itu 6000 m² bisa dapat 30 sak atau 30 karung, atau kira-kira 3,3 ton sampe 3,6 ton, saat ini bisa dapat 5 ton sampai 6 ton," ungkap Heru.

Oleh karena itu, Heru mengatakan, Alsintan yang diberikan oleh pemerintah dalam hal ini melalui Kementan sudah sangat baik dan membantu para petani. 

"Kalau dari alat-alat, kementerian udah hebat lah, udah top menurut kami. Kami sudah merasakan dari nol sampai hari ini, dan kami menjadi juara satu tingkat Provinsi untuk UPJA nya," tutup Heru. 

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved