Breaking News:

Berita Jatim

Khofifah Akan Bangun SMK Perkayuan di Pasuruan, Tunggu Gus Ipul Hibahkan Lahan

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa akan mendirikan SMK Perkayuan di Kota Pasuruan.

Penulis: Fatimatuz Zahroh | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Fatimatuz Zahroh
Khofifah bakal bangun SMK Perkayuan di Pasuruan 

Reporter: Fatimatuz Zahroh | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa akan mendirikan SMK Perkayuan di Kota Pasuruan

Ia kini menunggu Pemkot Pasuruan untuk menghibahkan lahan agar pembangunan SMK Perkayuan nanti dilaksanakan oleh Pemprov Jatim sebagai pemerintah yang memiliki kewenangan untuk pendidikan menengah atas. 

Hal itu sebagaimana disampaikan Khofifah usai meninjau sentra furniture di Bukir Kota Pasuruan, Senin (24/5/2021). Saat peninjauan, Khofifah juga ditemani oleh Wali Kota Pasuruan Syaifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul

Keduanya berdiskusi untuk mewujudkan center of excellence dari produk furniture di Kota Pasuruan. Sehingga SDM unggul di bidang perkayuan juga harus didorong agar kualitas produk kayu dan industri kayu di sana juga meningkat. 

"Jadi kita sudah cocokkan. Ternyata di UPT Industri Kayu dan Produk Kayu Pasuruan ini banyak digunakan untuk siswa magang dari Jember juga Blitar. Maka kita inisiasi untuk membuat SMK Perkayuan," tegas Khofifah, dalam wawancara dengan media, usai peninjauan. 

Baca juga: Kecelakaan Bus EKA Cepat Vs Motor Ojol di Bypass Mojokerto 1 Penumpang Wanita Sidoarjo Tewas

Ia menyebutkan pembangunan SMK Perkayuan akan dilakukan dengan sistem kerjasama bersama Pemprov Jatim dan Pemkot Pasuruan. Pemkot sebagai penyedia lahan, dan Pemprov Jatim akan membangun fisiknya dan pengelolaannya. 

"Kalau bisa disiapkan lahan oleh Pemkot Pasuruan minimal 3 hektar. Lahannya dihibahkan ke Pemprov, insya allah pemprov akan bangunkan SMK Perkayuan. Jadi ini akan nyekrup dengan rencana menciptakan center of excellence kayu mebel di sini," tegas Khofifah. 

Rencana membangun SMK Perkayuan ini akan direalisasikan dengan cepat. Khofifah meminta Dinas PU Cipta Karya dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk menyediakan DED nya. 

"Tapi kita menunggu hibah lahannya dulu ini," tegasnya. 

Sebelumnya, Khofifah menyampaikan bahwa ada tiga sektor yang menjadi andalan ekspor Jawa Timur. Yang pertama adalah perhiasan, kedua adalah furniture dan yang ketiga adalah perikanan. Tiga komoditas ini nilai ekspornya tinggi per tahunnya. 

"Furniture sentranya ada di Kota Pasuruan. Saya sudah rembukan dengan walikota. Sebelah UPT ini, ada pasar mebel yang sempat terbakar. Tolong disiapkan plaza mebel. Kalau plaza maka desainnya juga mengikuti namanya. Yang namanya Plaza ya harus modern," tegas Khofifah. 

Ia ingin plaza mebel ini nantinya akan menjadi pusat keunggulan furniture di Jatim. Sehingga jika ada pembeli yang ingin furniture Jatim maka mereka akan otomatis melihat ke Pasuruan

(Fz/fatimatuz zahroh)

Kumpulan berita Jatim terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved