Breaking News:

Berita Kediri

Hari Pertama PPDB Online Jenjang SMP di Kota Kediri, Orang Tua Murid Ungkap Beberapa Kendala

PPDB Online hari pertama untuk jenjang SMP di Kota Kediri telah dimulai. Orang tua murid ungkap beberapa kendala teknis.

TribunJatim.com/Didik Mashudi
Pendaftar PPDB Online hari pertama jalur prestasi di Kota Kediri masih ditemukan sejumlah kendala, Rabu (2/6/2021). 

Reporter: Didik Mashudi | Editor: Heftys Suud

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online hari pertama jalur prestasi karakteristik sekolah untuk jenjang SMP di Kota Kediri telah dimulai.

Sejumlah orang tua siswa sudah mulai mendaftarkan anaknya, Rabu (2/6/2021).

Nurhayati, salah satu orang tua wali murid mengungkapkan rasa syukur, karena anaknya telah berhasil mendaftar melalui PPDB Online jalur prestasi

"Alhamdulillah anak saya bisa mendaftar melalui jalur prestasi, semoga dapat diterima di sekolah yang diimpikan," ungkapnya.

Sementara Yani, orang tua siswa lainnya mengaku masih menemui sejumlah kendala saat melakukan pendaftaran secara online. 

Yani pun meminta bantuan petugas pendaftaran PPDB Online jalur prestasi bagi putrinya di SMPN 4.

Baca juga: PPDB Surabaya 2021, Validasi Data Siswa Berakhir Malam ini, Sudah 35.000 Siswa Dapat PIN

"Saya sedikit bingung untuk mendaftar secara online, mungkin karena saya kurang paham teknologi, jadi daripada salah, saya langsung datang ke sekolah sekaligus membawa berkas persyaratannya," ungkapnya.

Penjelasan senada juga disampaikan Naning Wulandari, warga Kelurahan Sukorame yang mengatakan ada kendala saat melengkapi berkas.

"Tadi ada masalah saat melakukan upload foto, tidak bisa terus," terangnya.

Mengantisipasi kendala yang dialami pendaftar, Dinas Pendidikan Kota Kediri bersama dengan panitia PPDB dari sekolah mempersilahkan wali murid yang mengalami kesulitan mendaftar untuk datang ke sekolah yang dituju untuk menyampaikan masalahnya.

"Bagi yang kesulitan bisa datang ke sekolah, tim kami siap untuk membantu," ungkap Kunto, panitia sekaligus operator PPDB online dari SMPN 8 Kediri.

Kunto juga mengungkapkan sejauh ini beberapa kendala teknis yang masih seringkali membuat orang tua wali murid sedikit kebingungan. 

"Rata-rata hal teknis, seperti ukuran dokumen, kelengkapan dokumen dan sebagainya yang mayoritas menjadi kendala bagi para orangtua wali murid saat mendaftarkan anaknya pada PPDB online ini," jelasnya.

Pendaftar PPDB online jalur prestasi hingga Rabu (2/6/2021) pukul 12.00 WIB jumlah pendaftar sudah mencapai 550 pendaftar. 

"Mulai dari SMPN 1 hingga SMPN 8 pendaftar sudah lumayan banyak, 550 pendaftar di hari pertama dan masih memungkinkan untuk bertambah lagi," pungkasnya.

Baca juga: PPDB SMP di Tulungagung, Dinas Memberlakukan Prapendaftaran Untuk Mencegah Kerumunan

Disamping itu, Siswanto, Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri mengatakan, sebelum pelaksanaan PPDB online berlangsung, pihaknya telah membimbing para tenaga operator di masing-masing sekolah.

"Setiap sekolah sudah dapat bimbingan teknis (bimtek) mengenai pelaksanaan PPDB online ini. Diharapkan jalannya pendaftaran peserta didik baru ini berjalan dengan lancar," ungkapnya.

Dikatakan, bagi calon peserta didik di luar wilayah Kota Kediri hanya bisa mendaftar melalui jalur prestasi saja.

"Untuk jalur zonasi dikhususkan bagi warga Kota Kediri saja dan untuk zonasi tidak berdasarkan wilayah kecamatan atau kelurahan melainkan zona Kota Kediri," jelasnya.

Karena posisi sekolah di Kota Kediri yang tidak merata, sehingga zonasi dibuat satu wilayah Kota Kediri.

Dikatakan, saat ini orang tua diminta untuk memahami teknologi.

"Saat ini cakap berteknologi bukan pilihan, melainkan sudah menjadi tuntutan, salah satunya berguna untuk PPDB online seperti saat ini," tambahnya.

Berita tentang Kediri

Berita tentang PPDB SMP

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Hefty Suud
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved