Breaking News:

Berita Surabaya

Mahasiswa Narotama Surabaya Ciptakan Alat Pengusir Hama Tikus Berbasis Internet of Things

Berawal dari melihat banyaknya keluhan dari petani yang merasa dirugikan dengan adanya hama tikus yang menyerang padi disawah mereka.

Penulis: Zainal Arif
Editor: Ndaru Wijayanto
istimewa
Sejumlah Mahasiswa Saat Melakukan Percobaan alat pengusir hama tikus sederhana berbasis Internet of Things bernama Dual Sonic Pestrepeller di Desa Munggugebang, Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik, Jumat (4/6/2021). (Ist) 

Reporter:  Zainal Arif I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Berawal dari melihat banyaknya keluhan dari petani yang merasa dirugikan dengan adanya hama tikus yang menyerang padi disawah mereka.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Narotama Surabaya menciptakan sebuah alat pengusir hama tikus sederhana berbasis Internet of Things bernama Dual Sonic Pestrepeller.

Alat tersebut dibuat dengan menggunakan komponen yang mudah dicari dan harga yang murah dengan kualitas yang standar.

Alat tersebut bekerja dengan mendeteksi adanya pancaran sinar infra merah dari suatu obyek.

Alat tersebut digunakan mahasiswa secara langsung untuk membantu petani di Desa Munggugebang, Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik sebagai bentuk aksi para mahasiswa dalam menjalankan kewajiban KKN mereka.

Ketua Kelompok KKN, Arrahman Kaffi menjelaskan masalah hama tikus yang terjadi di kawasan tersebut mengakibatkan hasil panen petani menjadi kurang maksimal.

"Berdasarkan permasalahan tersebut, kami berusaha mencarikan solusi yaitu dengan menciptakan alat Dual Sonic Pestrepeller ini," ujar Kaffi kepada SURYA.co.id grup Tribunjatim.com), Jumat (4/6/2021).

Alat tersebut bekerja dengan mendeteksi adanya pancaran sinar infra merah dari suatu obyek.

"Semua obyek memancarkan energi radiasi. Seperti saat terdeteksi sebuah gerakan dari sumber infra merah dengan suhu tertentu, yakni makhluk hidup baik manusia maupun hewan dengan radius 5 meter," terang mahasiswa Program Studi Sistem Informasi ini.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved