Breaking News:

Berita Lumajang

Tuntaskan Program Seribu CCTV, Bupati Thoriq Janji Tahun Depan Segera Tambah Unit di Lumajang

Program seribu CCTV adalah salah satu janji politik Bupati Lumajang, Thoriqul Haq saat masa kampanye silam. Secara bertahap program tersebut sudah mul

Penulis: Tony Hermawan
Editor: Ndaru Wijayanto
surya/Tony H
Bupati Lumajang, Thoriqul Haq dan wakilnya, Indah Amperawati saat meninjau uji coba pemasangan 40 CCTV di 8 desa, di Kantor Dishub setempat, Rabu (9/6/2021). 

Reporter: Tony Hermawan I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, LUMAJANG - Program seribu CCTV adalah salah satu janji politik Bupati Lumajang, Thoriqul Haq saat masa kampanye silam.

Secara bertahap program tersebut sudah mulai diwujudkan. Tahun lalu sudah ada 130 CCTV yang terpasang, sekarang jumlahnya bertambah 40 unit.

Puluhan CCTV baru itu dipasang di 8 desa. Seperti Desa Labruk Kidul, Kebonsari, Kunir, Dorogowok, Sukosari, Banyu Putih, dan Kali Dilem.

Setiap desa-desa itu terpasang 5 CCTV. Rencananya, tahun depan unit CCTV bakal kembali ditambah.

Sebab idealnya satu desa membutuhkan 8-10 unit, agar mampu menjangkau semua kawasan baik jalan raya maupun areal persawahan.

"Semoga tahun depan bisa tambah lagi. Tetapi bahwa tahun ini CCTV yang ada di desa yang anggarannya sudah disiapkan di masing-masing desa Insya Allah akan bisa kamu realisasikan dengan evaluasi yang hari ini kita lakukan," kata Thoriq, saat memantau uji coba 40 CCTV baru di Kantor Dishub, Rabu (9/6/2021).

Dikatakan Thoriq, tayangan ratusan CCTV yang sudah terpasang saat ini masih bisa tersambung di Kantor Dishub saja. Namun, sistem jaringan tayangan tersebut bakal dilakukan upgrading. Supaya saluran tayangan seluruh CCTV juga dapat termonitor di kantor pemkab maupun polres setempat.

"Semua pemasangan CCTV akan terus kami koordinasikan. Karena sekiranya CCTV ini selesai bisa betul-betul meminimalisir problem-problem kriminalitas yang ada di masyarakat," ujarnya.

Sementara untuk memastikan seribu unit CCTV benar-benar terwujud, Thoriq mengklaim tahun ini telah selesai menganggarkan dana pengadaannya dari Alokasi Dana Desa (ADD).

"Semua desa kita wajibkan sesuai dengan peraturan bupati yang sudah saya keluarkan untuk anggaran pemasangan CCTV atau pengadaan clear dan tuntas di masing-masing desa," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved