Breaking News:

Berita Kota Kediri

Pemkot Kediri Membentuk LKBH Korpri, Berikan Perlindungan Hukum pada ASN

Pemkot Kediri membentuk LKBH Korpri untuk berikan perlindungan hukum pada aparatur sipil negara (ASN).

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Dwi Prastika
TRIBUNJATIM.COM/DIDIK MASHUDI
Perwakilan ASN Kota Kediri mengikuti sosialisasi penyelenggaraan LKBH Korpri Kota Kediri di Ruang Joyoboyo Balai Kota Kediri, Jumat (18/6/2021). 

Reporter: Didik Mashudi | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Pemerintah Kota Kediri telah membentuk Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri).

Tugas dari LKBH adalah memberikan perlindungan hukum dan advokasi kepada anggota Korpri sesuai Undang-undang Nomor 5 tahun 2014.

LKBH Korpri Kota Kediri telah menggelar sosialisasi penyelenggaraan LKBH Korpri Kota Kediri di Ruang Joyoboyo Balai Kota Kediri, Jumat (18/6/2021).

Sekretaris Daerah Kota Kediri, Bagus Alit menjelaskan pada aparatur sipil negara (ASN) yang hadir, bahwa yang bisa melindungi ASN dari permasalahan hukum adalah dengan mematuhi peraturan perundang-undangan yang ada.

"Untuk mematuhi peraturan perundang-undangan, kita harus tahu dan mempelajari peraturan perundang-undangan yang ada. Lakukan sesuai peraturan yang ada, jangan dilanggar apapun alasannya," ujarnya saat membuka sosialisasi.

Bagus Alit menjelaskan, ada kalanya, masyarakat yang dilayani tidak merasa puas, lalu memberikan aduan. Aduan ini bisa benar ataupun tidak.

"Kalau aturannya sudah tahu, sudah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan, tetapi masih ada permasalahan. Perlu adanya ahli yang mengerti tentang hukum, maka dari itu Pemkot Kediri bekerja  sama dengan LBH Fajar," terangnya.

Baca juga: Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar Ajak Forkopimda Bersinergi Menekan Penyebaran Covid-19

Kepala Bagian Hukum Pemkot Kediri, yang juga menjabat Ketua LKBH Korpri Kota Kediri, Muhlisiina Lahuddin mengatakan, semua ASN yang menghadapi permasalahan hukum dalam pelaksanaan tugasnya, LKBH Korpri akan memfasilitasi berupa bantuan hukum.

Ada beberapa jenis layanan yang diberikan LKBH Korpri Kota Kediri. Meliputi fasilitasi jasa konsultasi hukum, fasilitasi jasa pendampingan hukum berupa bantuan hukum secara litigasi dan nonlitigasi serta fasilitasi dana bantuan hukum.

"Setiap ASN bisa konsultasi permasalahan hukum dengan LKBH Korpri dengan mengajukan permohonan. Nantinya permohonan yang masuk akan kami pilah untuk menentukan apakah ASN yang bersangkutan hanya memerlukan konsultasi atau juga perlu pendampingan," jelasnya.

Berita tentang Kota Kediri

Berita tentang Jawa Timur

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved