Breaking News:

Berita Ponorogo

Kejar Target 70 Persen Vaksin Covid-19, Dinkes Ponorogo Fokus Sasar Warga Usia 18 Tahun ke Atas

Kejar target 70 persen masyarakat telah ikuti vaksinasi Covid-19, Dinkes Ponorogo fokus sasar masyarakat usia 18 tahun ke atas.

TribunJatim.com/Sofyan Arif Candra
Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Ponorogo City Center (PCC), 2021. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra

TRIBUNJATIM.COM, PONOROGO - Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo menggenjot pelaksanaan vaksinasi Covid-19 (virus Corona) untuk masyarakat Bumi Reog.

Dinkes Ponorogo mengejar target 70 persen warganya telah tervaksin agar herd immunity (kekebalan kelompok) bisa terbentuk.

"Warga kita 1 juta orang, untuk membentuk kekebalan kelompok, minimal 700 ribu orang harus tervaksin," kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Ponorogo, Heni Lastari, Minggu (4/7/2021).

Dari target tersebut, saat ini Ponorogo baru menyelesaikan sekitar 8,5 persen atau sekitar 59 ribu masyarakat yang telah tervaksin.

Untuk mempercepat agar target tersebut tercapai, saat ini vaksinasi diperbolehkan untuk masyarakat umum berusia di atas 18 tahun.

"Tapi tetap prioritas utama adalah lansia dan pralansia atau pelayanan publik yang belum mendapatkan vaksin," lanjutnya.

Baca juga: Mall PCC Tutup Selama PPKM Darurat di Ponorogo, Hanya Supermarket, Hotel dan Penjual Makanan Buka

Heni optimistis, dengan adanya serbuan vaksin, baik dari TNI maupun Polri, target 70 persen masyarakat tervaksin akan lebih cepat tercapai.

Sedangkan untuk vaksinasi Covid-19 usia 12-17 tahun, hingga kini Dinkes Ponorogo belum melaksanakannya karena petunjuk teknis (juknis) belum keluar.

"Memang belum dilaksanakan walaupun sudah boleh. Kita fokus ke (masyarakat berumur) 18 + dulu karena cakupan kita juga masih rendah," jelas Heni.

Sementara itu, untuk menekan penyebaran Covid-19, Kabupaten Ponorogo menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat mulai Sabtu (3/7/2021).

PPKM Darurat di Ponorogo ini akan dilaksanakan hingga 20 Juli 2021 sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 15 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Wakil Bupati Ponorogo, Lisdyarita mengatakan, Pemkab Ponorogo harus mengikuti aturan dari pemerintah pusat.

Berita tentang Ponorogo

Berita tentang Jawa Timur

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved