Breaking News:

Berita Kota Malang

Suhu di Kota Malang Terasa Lebih Dingin, Tercatat 18 Derajat Celsius, Begini Penjelasan BMKG

Suhu di Kota Malang belakangan ini terasa lebih dingin, tercatat di angka 18 derajat celsius, begini penjelasan BMKG Karangkates.

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Dwi Prastika
Tribun Bali/Net via Tribun Jabar
Ilustrasi cuaca dingin. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Beberapa hari belakangan ini, suhu di Kota Malang terasa lebih dingin. Fenomena itu terjadi saat dini hari hingga terbitnya matahari.

Seperti suhu di Kota Malang pada Kamis (8/7/2021) dini hari, tercatat berada di angka 18 derajat celsius.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Karangkates Malang, Mamuri membenarkan.

"Kondisi dan fenomena tersebut, adalah sesuatu hal yang wajar. Dan biasa terjadi saat musim kemarau," ujarnya kepada TribunJatim.com, Kamis (8/7/2021).

Dia menjelaskan pada periode musim kemarau, terjadi pergerakan angin dari benua Australia yang bersifat dingin dan kering menuju benua Asia.

"Selain itu, saat ini cuaca cenderung cerah dengan pertumbuhan awan sedikit. Sedangkan awan, memiliki fungsi seperti selimut bagi atmosfer," tambahnya.

Saat cuaca cerah atau kondisi awan sedikit, tidak ada penghalang. Sehingga, panas pada bumi langsung naik ke lapisan paling atas atmosfer.

"Jadi di bawah atmosfer cenderung terasa dingin. Suhu dingin ini biasanya terjadi mulai dini hari hingga matahari terbit. Kami prediksi, fenomena ini terjadi hingga bulan Agustus 2021," terangnya.

Baca juga: PPKM Darurat, Akses Jalan Menuju Kota Malang Ditutup, Pengendara Keluhkan Jalanan Macet

Dirinya menambahkan, fenomena ini tidak hanya terjadi di Kota Malang saja, tetapi hampir di seluruh wilayah Jawa, Bali, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Fenomena ini memang rutin terjadi, saat memasuki musim kemarau. Saya imbau kepada masyarakat, agar tetap tenang karena fenomena ini rutin terjadi," pungkasnya.

Berita tentang Kota Malang

Berita tentang Jawa Timur

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved