Breaking News:

Berita Surabaya

Sulap 5 Kontainer Jadi Ruang Triage Pasien RSUD dr Soetomo, Khofifah; Tetap Harus Ada Layanan Pasien

RSUD Dr. Soetomo menyulap lima unit peti kemas (kontainer) menjadi Ruang Triase (Triage) untuk mengoptimalkan penanganan pasien Covid-19 di Jatim

Penulis: Luhur Pambudi | Editor: Januar
Istimewa/ Humas Pemprov Jatim
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat meninjau RSUD dr Soetomo, Surabaya, Minggu (11/7/2021). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Luhur Pambudi

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA-RSUD Dr. Soetomo menyulap lima unit peti kemas (kontainer) menjadi Ruang Triase (Triage) untuk mengoptimalkan penanganan pasien Covid-19 di Jatim.

Ruang yang berfungsi sebagai penerapan prosedur penentuan jenis intervensi medis pasien tersebut, akan diletakkan tepat di depan Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD dr Soetomo.

Satu buah kontainer Ruang Triage tersebut dapat menampung sedikitnya 25 orang pasien bergejala sedang, bila disekat menjadi lima area.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa berharap, penyediaan tambahan ruang perawatan medis pasien di RS tersebut , dapat menjadi solusi dari permasalahan membludaknya pasien rujukan yang dikirim ke RSUD dr Soetomo hingga membuat pelayanan overload.

Lalu menyebabkan pihak manajemen RS sempat menyetop atau menutup pelayanan RS terlebih dahulu, hingga berdampak pada adanya antrean pasien.

“Teman-teman bisa melihat pasien sampai meluber di selasar, maka setelah tempat ini siap mereka akan segera dipindahkan ke triage ini,” ujarnya saat meninjau RSUD dr Soetomo, Surabaya, Minggu (11/7/2021).

Khofifah menerangkan, satu kontainer akan disekat menjadi lima area kamar yang mampu menampung sedikitnya 25 orang pasien.

Pada masing-masing kamar nantinya, bakal tersedia 5 kasur (bed) termasuk penyaring udara ruangan; Hepa Filter, untuk bisa memberikan layanan bagi 5 orang pasien. 

"Bahkan, pasien yang sebelumnya berada di selasar, sudah mulai bergerak menuju kontainer yang disulap menjadi triage UGD," jelasnya.

Selain menyulap kontainer menjadi ruang perawatan medis itu. Sejak dua pekan lalu, RSUD Dr Soetomo juga sedang menyulap area parkir kendaraan menjadi ruangan tambahan untuk pelayanan IGD, dan ruangan penanganan isolasi pasien dengan kapasitas 150 bed.

Area parkir yang disulap menjadi ruang isolasi bagi pasien Covid-19 tersebut dibagi enam level, yakni 3A dan 3B, lalu 4A dan 4B, serta 5A dan 5B. Kabarnya, ungkap Khofifah, ruang tersebut sudah bisa digunakan pada Rabu (14/7/20219) mendatang.

"Menambahkan ruang isolasi seperti karena yang datang ke RSUD dr. Soetomo bukan hanya warga Surabaya melainkan pasien rujukan dari luar kota. Harus tetap ada layanan yang memberikan  pengharapan layanan bagi seluruh masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19," pungkasnya.

Kumpulan berita Jatim terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved