Breaking News:

Berita Malang

Lapas Kelas I Malang Gunakan Drone, Awasi Keamanan Lingkungan Lapas dan Warga Binaan

Lapas Kelas I Malang atau biasa dikenal sebagai Lapas Lowokwaru, terus mengembangkan sistem pengamanan dan pelayanan yang terbaik untuk lingkungan

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Januar Adi Sagita
TRIBUNJATIM.com/ Kukuh Kurniawan
Humas Lapas Kelas I Malang / Kepala Lapas Kelas I Malang, Danang Yudiawan saat menunjukkan salah satu drone yang digunakan untuk pengawasan dan keamanan lingkungan lapas. 

Laporan wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Lapas Kelas I Malang atau biasa dikenal sebagai Lapas Lowokwaru, terus mengembangkan sistem pengamanan dan pelayanan yang terbaik untuk lingkungan lapas.

Khususnya, pengamanan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Oleh karena itu, Lapas Kelas I Malang menciptakan inovasi baru, bernama basis pengamanan modern Troling Garuda Mobile.

Kepala Lapas Kelas I Malang, Danang Yudiawan mengatakan, Troling Garuda Mobile merupakan sistem pengamanan lingkungan lapas menggunakan teknologi drone.

"Jadi, kami memaksimalkan pengamanan lingkungan lapas dengan menggunakan empat drone. Keempat drone tersebut, telah dilengkapi dengan kamera canggih. Empat drone itu, akan ditempatkan di masing masing empat pos menara jaga atas Lapas Kelas I Malang," ujarnya kepada TribunJatim.com, Minggu (18/7/2021).

Dirinya menjelaskan, pos menara jaga atas merupakan titik terakhir dalam pengawasan, sekaligus mengantisipasi gangguan keamanan serta meminimalisir masuknya barang terlarang melalui lemparan dari luar tembok lapas.

"Oleh karena itu, petugas pos menara jaga atas harus memiliki kesigapan, kejelian dan sikap tanggap dalam deteksi dini ancaman keamanan sekecil apapun. Dan untuk mempermudah pekerjaan mereka, kami ciptakan inovasi ini," terangnya.

Dirinya mengungkapkan, telah melakukan uji coba terhadap empat drone Troling Garuda Mobil tersebut.

"Dan hasilnya, saya sangat puas sekali. Karena kamera dari drone tersebut, bisa menangkap gambar dengan jelas dan jernih," ungkapnya.

Dirinya berharap, pengamanan berbasis modern tersebut dapat dimaksimalkan kinerjanya.

Baca juga: Cukupi Kebutuhan, Polsek Manyar Gelar Bakti Sosial untuk Warga Gresik yang Jalani Isolasi Mandiri

"Semoga, dengan adannya pengamanan berbasis modern ini bisa dimanfaatkan oleh petugas jaga. Untuk memaksimalkan penjagaan di dalam lapas, serta memudahkan petugas jaga untuk mengontrol dan memgawasi para warga binaan," pungkasnya.

Kumpulan berita Malang terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved