Breaking News:

Berita Kediri

Surat Edaran Bupati Kediri, Larang Takbir Keliling dan Minta Warga Gelar Salat Idul Adha di Rumah

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengeluarkan surat edaran tentang larangan takbir keliling dan panduan untuk melaksanakan ibadah Hari Raya Id

Penulis: Farid Mukarrom | Editor: Ndaru Wijayanto
farid Mukarrom/Tribunjatim
Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat melakukan sidak di Warung Kopi di Desa Pelem Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Sabtu (10/7/2021) 

Laporan Wartawan tribun Jatim Network, Farid Mukarrom

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengeluarkan surat edaran tentang larangan takbir keliling dan panduan untuk melaksanakan ibadah Hari Raya Idul Adha 2021.

Melalui Surat Edaran Bupati Kediri 188.45/2177/418.74/2021 Masyarakat tak diperkenankan untuk menggelar takbir keliling guna memutuskan mata rantai penularan Covid-19.

Berikut sejumlah poin ketentuan yang dirangkum Tribun Jatim Network dari Surat Edaran Bupati Kediri tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat di Tempat Ibadah dan Petunjuk Pelaksanaan Malam Takbiran Shalat Idul Adha dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Qurban 1442 H/ 2021:

1. Masyarakat tetap bisa takbiran di Masjid atau Musola secara virtual dengan ketentuan tidak mengundang jamaah dan dilarang takbiran keliling.

2. Masyarakat diperkenankan solat Hari Raya Idul Adha di rumah masing-masing. Tidak diperbolehkan menggelar solat hari Raya Idul Adha di Masjid, Intansi atau tempat umum lainnya.

3. Penyembelihan kurban dilaksanakan dalam waktu 3 hari pada 11, 12, 13 Dzulhijjah. Ketentuan maksimal waktu penyembelihan maksimal lima jam mulai jam 7 sampai 12 siang.

4. Penyembelihan dilaksanakan di RPH atau Rumah Pemotongan Hewan dengan ketentuan protokol kesehatan yang ketat. Diperbolehkan memotong diluar RPH namun  harus patuhi protokol kesehatan dengan tidak berkerumun.

Sementara itu sebelumnya Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono siap bubarkan kerumunan takbiran.

"Untuk antisipasi itu kami akan terus mengsosialisasikan kepada warga agar tak menggelar takbir keliling. Saya juga sudah perintahkan kepada anggota di masing-masing Polsek untuk bubarkan kerumunan takbir keliling," ungkapnya.

AKBP Lukman Cahyono juga mengajak kepada masyarakat untuk saling membantu dalam upaya penanganan pandemi Covid-19.

"Saya mengajak masyarakat untuk patuhi protokol kesehatan, caranya dengan menjauhi kerumunan, memakai masker dan rajin mencuci tangan. Mari kita jaga kesehatan diri kita sendiri dan keluarga, agar terhindar dari risiko penularan Covid-19," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved