Breaking News:

Berita Surabaya

Seknas Jokowi Jatim Dukung Program Vaksinasi, Ajak Jaringan Relawan Sukseskan Upaya Herd Immunity

Percepatan vaksinasi Covid-19 yang saat ini terus gencar, didukung penuh oleh DPW Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi Jawa Timur. 

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Ndaru Wijayanto
surya/farid mukarrom
Vaksinasi Covid-19 di Kediri Kamis (15/7/2021) 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Percepatan vaksinasi Covid-19 yang saat ini terus gencar, didukung penuh oleh DPW Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi Jawa Timur. 

Kelompok relawan Presiden Jokowi itu mendukung, sebab hal itu dinilai bisa mempercepat terbentuknya kekebalan komunal atau herd immunity

Sapto Raharjanto Ketua DPW Seknas Jokowi Jawa Timur mengatakan, pihaknya memang menaruh perhatian besar di masa pandemi ini. Termasuk mendukung upaya penguatan kekebalan komunal lewat vaksinasi. 

"Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh relawan-relawan Presiden Jokowi untuk mendukung program percepatan vaksinasi bagi masyarakat dimasa pandemi Covid-19 saat ini," kata Sapto kepada TribunJatim.com, Kamis (22/7/2021). 

Dia mengungkapkan, pihaknya meminta agar pemerintah terus memastikan ketersediaan vaksin gratis kepada masyarakat. Alur distribusinya harus dipastikan betul sehingga dapat optimal hingga sampai kepada masyarakat. 

"Termasuk untuk memastikan adanya tenaga vaksinator yang akan melakukan vaksinasi kepada masyarakat," ujarnya menambahkan. 

Sapto juga mengajak, seluruh relawan pendukung Jokowi untuk terus menjadi supporting movement vaksin nasional. Dengan begitu, harapannya, bisa mengurai kebuntuan distribusi vaksin yang belum merata.

Hal itu, disebutnya bisa dilakukan dengan berkoordinasi bersama berbagai pihak seperti instansi kesehatan terdekat untuk memastikan adanya ketersediaan vaksin. 

Termasuk melakukan pendataan di lingkungan yang terkecil dan terdekat, seperti di tingkatan RT/RW, untuk mendata warga yang sudah mendapatkan vaksinasi serta warga yang belum mendapatkan vaksinasi.

"Kemudian laporan dari lapangan ini bisa dikoordinasikan dengan instansi kesehatan setempat seperti puskesmas dan pelayanan kesehatan lainnya," ujarnya. 

Disisi lain, Sapto juga berharap agar pusat informasi dengan tujuan menampung informasi seputar vaksinasi terus dapat dipastikan. 

Kemudian, memantau pendistribusian bantuan makanan dan obat-obatan gratis kepada masyarakat yang sedang melakukan isolasi mandiri.

"Menginformasikan terkait dimana saja persebaran titik vaksinasi serta jumlah ketersediaan vaksin di tiap titik-titik vaksinasi tersebut," pungkasnya. 

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved