Breaking News:

Berita Kediri

Kisah Inspiratif Kakek Dahana Mulat di Kediri Sembuh dari Covid-19

Meski telah tergolong lanjut usia atau lansia dan memiliki sejumlah komorbid, tidak menghentikan tekat Dahana Mulat (76) untuk sembuh dari Covid-19

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Didik Mashudi
Dahana Mulat bersama istrinya di depan rumahnya yang menjadi tempat isolasi mandiri di Kelurahan Banjaran, Kota Kediri, Sabtu (28/8/2021). 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Didik Mashudi

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Meski telah tergolong lanjut usia atau lansia dan memiliki sejumlah komorbid, tidak menghentikan tekat Dahana Mulat (76) untuk sembuh dari Covid-19.

Setelah divonis mengidap Covid-19, Dahana Mulat harus menjalani masa isolasi mandiri (Isoman) dirawat istrinya, Nanik Ernawati (72) di Kelurahan Banjaran, Kota Kediri

Dahana yang telah lanjut usia  dengan komorbid darah tinggi serta jantung, ternyata mampu melalui 10 hari masa isolasi mandiri dan telah dinyatakan sembuh.
"Waktu itu dengan kondisi bapak yang aktif, sehingga Pak Lurah dan Puskesmas memutuskan bapak untuk isoman saja dan masih belum ada kewajiban untuk isolasi terpadu," jelas Nanik Ernawati, Sabtu (28/8/2021).

Saat merawat suaminya, Nanik juga melengkapi diri dengan sarung tangan dan masker, agar tetap terjaga selama kontak langsung.

Sementara sejumlah bantuan juga berdatangan ke rumah Dahana. Mulai dari Bantuan Isoman (Batman) dari Dinas Sosial, dan dari komunitas alumni sekolah. Sehingga selain sembako, ada variasi makanan dan buah-buahan yang diberikan.

“Kami sangat terbantu sekali dengan bantuan yang diberikan. Bahkan sekarang bapak jadi lebih suka makan sayur dan buah yang diberikan. Jadi kesehatannya lebih cepat kembali pulih,” ujarnya.

Menurut Nunik S Pertiwi, anaknya masa penyembuhan bapaknya terbilang cukup cepat. Karena hingga saat ini fisik bapaknya masih bugar.

“Saat sebelum dinyatakan terpapar Covid, beliau hanya merasakan gejala batuk dan demam yang tak kunjung sembuh. Selain itu, bapak memang sampai usia ini masih sangat aktif,” ujarnya.

Setelah sekian hari keluhan Dahana tak kunjung sembuh, maka anak-anaknya langsung memeriksakan ke laboratorium dan dinyatakan positif.

Baca juga: Perwira TNI AU Takut Bukan Main Saksikan Pesawat Jatuh & Meledak di Depan Soekarno, Tewaskan 1 Pilot

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved