Breaking News:

Berita Gresik

Permudah Masyarakat Mengurus Perkara Hukum, PN Gresik Launching Layanan Anjungan Mandiri PTSP 

Pengadilan Negeri dan Pengadilan Industrial Gresik Kelas I-A melaunching anjungan mandiri Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Senin (13/9/2021)

Penulis: Sugiyono | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Sugiyono
PTSP - Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya Herri Swantoro bersama Wakil Bupati Gresik Hj Aminatun Habibah (Bu Min) dan Ketua Pengadilan Negeri Gresik Hj Wiwin Arodawanti saat acara launching anjungan mandiri PTSP di Pengadilan Negeri Gresik, Senin (13/9/2021). 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Sugiyono

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Pengadilan Negeri dan Pengadilan Industrial Gresik Kelas I-A melaunching anjungan mandiri Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Senin (13/9/2021).

Inovasi tersebut untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus perkara, transparansi playanan serta membuat presepsi masyarakat yang lebih baik. 

Launching anjungan mandiri PTSP tersebut dilakukan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya Herri Swantoro dan Wakil Bupati Gresik Hj Aminatun Habibah (Bu Min). Hadir juga Ketua Pengadilan lainnya. 

Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya Herri Swantoro mengatakan, tujuan dari anjungan mandiri PTSP ini untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan yang dilayani secara virtual. Tujuannya untuk mengilangkan stigma negatif  kepada masyarakat. 

Baca juga: Ini Prioritas Pengayoman Masyarakat dalam Isi Pesan Wejangan Kapolda Irjen Nico untuk Kapolres Baru

Menurut Herri, di Jatim baru dua yang menerapkan anjungan mandiri PTSP, yaitu di Malang dan di Gresik.  "Tapi yang terlengkap sesuai standar Pengadian Tinggi Surabaya ya Gresik. Di Malang masih belum mudah dipahami olah masyarakat," imbuhnya. 

Dalam launching anjungan Mandiri PTSP tersebut, Ketua PT Surabaya  Herri Swantoro bersama Wakil Bupati Gresik Hj Aminatun Habibah (Bu Min) langsung melakukan uji coba terhada pelayanan secara virtual. 

"Dari uji coba tadi, pelayanannya bagus, penguasaan materi dari petugas juga bagus. Contohnya tadi dalam pelayanan pidana umum bisa dilakukan seara virtual," katanya. 

Lebih lanjut  Herri Swantoro mengatakan, dari adanya anjunga mandiri PTSP tersebut, masyarakat juga bisa menyampaikan keluhan kepada Mahkamah Agung atas pelayanan yang kurang baik dari Pengadilan Negeri. "Siwas ini suatu sistem pengawasan yang dilaporkan masyarakat secara langsung ke Mahkamah Agung," imbuhnya. 

Sementara  Wakil Bupati Gresik Hj Aminatun Habibah (Bu Min), mengatakan dari uji coba dengan petugas di anjungan mandiri PTSP tadi petugasnya langsung tanggap dan memberikan arahan langkah-langkah yang harus dilakukan masyarakat dalam mencari keadilan. 

"Ini inovasi yang bagus dalam perkembangan teknologi industri 4.0. Nanti akan didukung lagi oleh Pemerintah Kabupaten Gresik untuk mempublikasikan lewat Gresik pedia. Semoga, masyarakat Gresik lebih terbantu adanya layanan hukum secara digital, mudah dan tranparan," kata Bu Min, dengan didampingi Ketua Pengadilan Negeri Gresik Hj Wiwin Arodawanti bersama jajarannya. 

Ketua Pengadilan Negeri Gresik Hj Wiwin Arodawanti mengatakan, adanya anjungan mandiri PTSP ini untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat. "Masyarakat bisa langsung mendaftarkan perkaranya melalui anjungan mandiri PTSP," kata  Wiwin Arodawanti. (ugy/Sugiyono). 

Kumpulan berita Gresik terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved