Breaking News:

Berita Banyuwangi

Daerah Destinasi Wisata Banyak yang Masih PPKM Level 3, Pelaku Wisata Intens Lirik Banyuwangi

Daerah destinasi wisata banyak yang masih masuk PPKM Level 3, pelaku wisata intens lirik Banyuwangi.

Penulis: Haorrahman | Editor: Dwi Prastika
Humas Pemkab Banyuwangi
Bangsring Underwater di Kabupaten Banyuwangi. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Haorrahman

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Sektor pariwisata di Banyuwangi bergeliat setelah dibuka pertama kali secara bertahap dan terbatas mulai 10 September 2021 lalu.

Sejumlah destinasi wisata yang dibuka mulai dikunjungi wisatawan, karena Banyuwangi masuk Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 2, tentu dengan tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan Covid-19 (virus Corona) dan pembatasan pengunjung. 

Sejumlah pelaku usaha perjalanan wisata pun melirik Banyuwangi untuk mengkreasi paket wisata. Di antaranya adalah 32 penyelenggara jasa perjalanan wisata yang tergabung dalam Gabungan Perusahaan Haji dan Umrah Nusantara (Gaphura) yang berkunjung ke Banyuwangi.

Gaphura adalah organisasi biro perjalanan wisata halal, haji, dan umrah.

"Kami pernah webinar bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Duta Besar RI untuk Uni Eropa. Di sana kami sharing tentang pariwisata, salah satunya membincangkan Banyuwangi. Dari situ kami para penyelenggara wisata tertarik ke Banyuwangi," kata Ketua Umum Gaphura, Ali Mohamad Amin di Banyuwangi, Rabu (6/10/2021). 

”Apalagi kami tentu memperhitungkan soal kesehatan, soal PPKM, dan di Banyuwangi kan PPKM Level 2, sehingga destinasinya mulai dibuka. Juga yang pasti dari sisi infrastruktur, akses yang mudah, amenitas seperti hotel dan homestay, yang semuanya relatif sangat baik,” imbuhnya.

Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 47/2021, daerah yang masuk Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2 di Jawa Timur hanya lima kabupaten/kota. Salah satunya Banyuwangi. Dari lima kabupaten/kota tersebut, bisa dibilang hanya Banyuwangi yang merupakan daerah destinasi wisata.

Dengan PPKM Level 2, destinasi sudah boleh dibuka. Sedangkan bagi yang masih PPKM Level 3, belum diperbolehkan membuka destinasi.

Ali menambahkan, selama di Banyuwangi, pihaknya melihat pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) dijalankan dengan baik.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved