Breaking News:

Berita Lamongan

Eksplorasi Hari ini, Tim Berhasil Mendokumentasi Bangkai Kapal Van Der Wijck di Lamongan

Eksplorasi tim arkeolog BPCB Jatim terhadap bangkai kapal Van der Wijck di perairan Brondong  Lamongan Jawa Timur mulai menemukan titik terang.

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Hanif Manshuri
Tim menunjukkan hasil dokumentasi objek kapal Van der Wijck di kedalam laut, titik kapal tenggelam, Kamis (14/10/2021) 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Hanif Manshuri

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Eksplorasi tim arkeolog BPCB Jatim terhadap bangkai kapal Van der Wijck di perairan Brondong  Lamongan Jawa Timur mulai menemukan titik terang. 

Ekplorasi yang dilakukan hari ini berhasil mendokumentasikan kapal yang berada di kedalaman laut tersebut. 

Eksplorasi hari dirasa cukup karena waktu sudah masuk dan eksplorasi akan dilanjutkan pada Sabtu (16/10/2021) mendatang.

Kepala Disparbud Lamongan,  Siti Rubika dikonfirmasi  mengatakan, eksplorasi hari pertama ini ada hasil dam  lebih baik daripada eksplorasi yang dilakukan pada April silam. 

Menurut Rubika, tim berhasil mendapatkan titik terang dan menemukan jejaknya. Lebih dari itu  juga  berhasil mendokumentasikan keberadaan kapal yang tenggelam pada 1936 itu. 

Baca juga: Mobil Innova yang Sempat Dibawa Kabur Calon Pembeli Ditemukan, Polisi Amankan Pasutri dalam Mobil 

"Progres jauh lebih menggembirakan dari eksplorasi pertama. Kala itu (eksplorasi pertama)  tidak berhasil  mendokumentasi," kata Siti Rubika kepada Surya.co.id (Tribunjatim Network), Kamis (14/10/2021) petang ini.

Jelasnya, tim arkeolog BPCB Jatim, berhasil menemukan jejaknya. 

Dan telah  berhasil mendokumentasikan bangkai kapal yang punya cerita menarik tersebut. 

Dari hasil dokumentasi, menurut Rubika,   masih butuh pendalaman dengan memperkaya dokumentasi. 

"Syukur Alhamdulillah eksplorasi hari ini ada perkembangan yang cukup menggembirakan,  berhasil mendapatkan dokumentasi videonya," ujarnya. 

Untuk kelanjutannya,  butuh pendalaman lagi dan  eksplorasi akan dilanjutkan lagi pada Sabtu (16/10/2021) mendatang. Skenarionya, BPCB Jatim akan menambah jumlah tenaga penyelam lebih banyak lagi untuk mendapatkan visual yang lebih beragam dari berbagai sisi yang bisa dijangkau.

Untuk pendalaman masih diperlukan banyak dokumentasi lagi dari objek bangkai kapal.  Sehingga masih dibutuhkan untuk melakukan penyelaman kembali. 

Sabtu besok,  tim penyelam juga ditambah.
Diberitakan sebelumnya,  hari ini BPCB Jatim dan Disparbud Lamongan kembali melanjutkan eksplorasi terhadap bangkai kapal yang tenggelam pada 1936 itu. (Hanif Manshuri)

Kumpulan berita Lamongan terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved