Breaking News:

Berita Banyuwangi

Dihadiri Tokoh Seni Nasional, Pameran Lukisan Artos Kembang Langit Banyuwangi Resmi Dibuka

Dihadiri tokoh seni nasional seperti Oei Hong Djien hingga Sujiwo Tejo, pameran lukisan bertajuk Artos Kembang Langit Banyuwangi resmi dibuka.

Penulis: Haorrahman | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Pameran lukisan bertajuk Artos Kembang Langit resmi dibuka di Banyuwangi pada Jumat (10/12/2021) malam. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Haorrahman

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Pameran lukisan bertajuk Artos Kembang Langit resmi dibuka di Banyuwangi pada Jumat (10/12/2021) malam.

Pameran yang digelar di kompleks Gedung Juang 45 Banyuwangi itu akan berlangsung hingga 18 Desember 2021 mendatang.

Pembukaan pameran berskala nasional itu ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani didampingi ketua panitia Imam Maskun, bersama para tokoh seni lukis dan para seniman, seperti kolektor dr Oei Hong Djien, dr Melani W Setiawan, Nasirun, Nirwan Dewanto, Edi Sunaryo, dan Sujiwo Tejo.

Hadir pula anggota Dewan Pers, Agus Sudibyo. Sementara Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengikuti secara virtual.

Artos Kembang Langit sendiri berasal dari kata "Art Os" yang merupakan singkatan dari Artistika Osing. Semua tahu Osing adalah suku (etnik) asli yang mendiami wilayah Banyuwangi. Osing ditengarai sebagai suku campursari Jawa, Bali dengan sedikit Madura. Sebuah campursari yang lantas melahirkan unsur-unsur seni budaya yang kaya dan unik.

Sementara “Kembang Langit” bisa dimaknai sebagai bunga-bunga mekar yang menghiasi langit kehidupan semua orang.

Di tiga lantai Gedung Juang, pengunjung akan disuguhkan berbagai seni rupa karya seniman Banyuwangi dan berbagai daerah. Terdapat 120 karya seni. Tidak hanya lukisan, terdapat karya seni lain, seperti seni patung dan seni instalasi, dari 75 perupa juga dipamerkan dalam ajang yang digelar untuk memeriahkan Hari Jadi Banyuwangi ke-250 atau Harjaba ke-250 tersebut.

Lukisan dari dua maestro seni lukis Banyuwangi, almarhum Bani Amora dan Mozes Misdy, juga ditampilkan dalam pameran tersebut. 

"Pameran ini juga kami persembahkan untuk almarhum Bani Amora dan Mozez Misdy. Lukisan Bani Amora dan Mozes Misdy yang dijunjung sebagai penggerak utama seni lukis modern Banyuwangi ditampilkan sebagai penanda sejarah. Ini sebagai bentuk apresiasi kami bagi beliau," kata Imam.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved